Pembuatan Film Untuk Sablon Warna Ganda

Salah satu pengetahuan dasar dalam dunia persablonan adalah membuat film terpisah untuk diafdruk ke screen sablon. Penjelasan yang praktis adalah melihat contoh di bawah ini. Gambar yang tertera di sini adalah gambar/desain yang akan disablon, terdiri dari 4 warna.

contoh-pemisahan-warna

Contoh desain yang akan disablonkan

Proses pemisahan warna bisa dilakukan menggunakan sofware berbayar yang sudah banyak tersedia di pasaran seperti CorelDraw, Photoshop, Freehand dll untuk program freeware juga sudah banyak tersedia.

Kita harus membuat 4 bagian film yang akan kita afdruk di screen sablon, yaitu untuk bagian warna merah, hitam, hijau, dan biru seperti yang anda lihat di bawah ini:

contoh film sablon untuk 4 warna

Klik untuk melihat gambar lebih jelas

Setelah anda membuat film untuk tiap-tiap warna, anda harus mengafdruk film tersebut pada screen sablon seperti yang terulas pada artikel ini.

Bila hasil afdruk sudah memuaskan, anda siap untuk menyablon desain tersebut. Cara menyablon kaos step-by-step bisa anda baca di sini.

Semoga penjelasan singkat ini dapat anda mengerti dan membantu anda dalam usaha sablon anda. Silakan hubungi kami untuk kebutuhan perlengkapan sablon anda. Dukungan anda dengan membeli kebutuhan sablon di tempat kami memungkinkan kami untuk tetap menerbitkan artikel-artikel yang informatif bagi anda juga.

 

“Sukses anda adalah sukses kami juga”

 

Yuk bagi ilmu & info:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

16 thoughts on “Pembuatan Film Untuk Sablon Warna Ganda

    1. Pak Dani

      cara ngepasin ya tentu banyak cara, salah satunya dengan menambahkan pasklis pada sudut sudut gambar sebagai patokan dalam mengepaskan warna kembali.

  1. Dwi

    gak bos maaf saya baru belajar sablon 0 besar pengalaman, itu katanya tukang desain grafis film sablon. Saya baru mempratekan kertas kalkir memang sulit untuk presisi. Cuma pada beberapa artikel di internet kurang dijelaskan kelemahan dan solusi pake kertas kalkir. Saya kan masih belajar saran jasa desain grfs pke kertas hvs sj.

    1. tokodani

      untuk belajar belajar boleh lah gunakan hvs, tapi ada baiknya ya dicoba semuanya, jadi tau kelemahan dan kelebihannya masing masing.

  2. Dwi

    Bos Dani, mencetak film lebih dari 1 warna dgn kertas kalkir kertasnya menyusut/ memuai jadi gak presisi hasil sablonan, kalo pake Film Repro mahal, pake kertas HVS kurang solid gak maksimal hasilnya gak tahan lama filmnya. trus solusinya gimana ? gambar contoh diatas pke plastik/kertas film apa ?
    Terimakasih atas penjelasannya.

    1. tokodani

      Kalau sudah mempunyai pengalaman dengan menggunakan kalkir, kertas hvs, maupun film repro dan Anda sudah mengetahui menggunakan bahan apa yang baik dan tidak mempersulit diri anda sendiri kenapa harus merepotkan diri sendiri lagi???

      Sama saja Anda ingin pergi kesuatu tempat, ingin menggunakan bus umum takut kepanasan, ingin menggunakan bajai takut debuan, ingin menggunakan taksi takut kemahalan. Nah coba jawab sendiri solusi apa yang anda gunakan bila situasi seperti ini?

      Jadi ada harga ada kualitas. Besaran nilai harga yang anda keluarkan adalah untuk memberi anda kemudahan dalam hidup. 🙂

  3. rudi

    mas dani saya boleh minta katalog harga buat cat rubbernya sama pigmentnya…sama catnya itu bisa dscreen ukuran mesh yg brp2 aja…soalnya sya jg lagi bljr nyablon buat usaha kcl2n 😀 terima kasih

    1. tokodani

      kalau menggunakan coredraw ada kok dibagian sisi kiri yang biasa digunakan untuk memainkan warna yang diinginkan.

  4. heru

    untuk proses pensablonan dengan warna ganda sebaiknya warna apa dulu ya yang disablon. urutan warnanya gmn.

  5. bayos hiday

    Saya ingin bertanya cara utk bikin film gmana yah,,,?
    saya pernah bikin film, sudah di olesi afdruk & di keringkan, trus gambar yang udah di olesi minyak kelapa di tempel ke film.
    tpi kok hasil’y gk ada perubahan.Trus gmna ea gbr’y spya tercetak di film,?

  6. andi

    kalo sablon separasi bisa pake rubber ga ya?saya beli rubber yang 1 kg 60 ribu kalo dari textur memang sangat halus hampir kayak extender?bisa ga ya buat sablon separasi

    1. tokodani

      saya tidak bisa menjawab karena rubbernya rubber apa? beli dimana? coba tanyakan ke penjualnya paling tidak.


Translate »