Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

CARA MENGGUNAKAN TINTA SABLON PLASTIK

Mengentalkan tinta.

Tips mengentalkan tinta sablon plastik sebelum menyablon.

Bagi sabloners pemula biasanya kewalahan dalam menyablon plastik dikarenakan sifat dari tinta plastik yang mempunya karakter cepat kering.
Karena cepat kering maka cukup membuat kesal bagi pemula karena baru menyablon 1 kali gesut saja sudah mampat screennya dan tentu harus membersihkan screen yang mampat tadi lalu dimulai lagi menyablon tapi kembali berulang sablon 1 kali sudah mampat lagi.
Hal ini cukup menjengkelkan dan cukup membuang waktu yang terlalu lama bukan?

Tapi tentu tidak ada yang tidak bisa dilakukan bagi sabloners pemula, karena dengan tips yang akan kami berikan maka tidak akan menjadi halangan lagi bagi sabloner pemula untuk penyablon kantong plastik nantinya.

Kita langsung saja ya melakukannya.

Persiapan ;

1. Siapkan sendok dan sebuah piring yang terbuat dari beling
2. Siapkan tinta dan thiner pelambat.

Langkah langkahnya ;


1. Buka tutup wadah tintanya, lalu ambil perbagian sendoknya dan tuang pada wadah piring

 

2. Tuang tinta sablon secukupnya  atau bisa juga dituang seluruh bagian ke wadah piring tersebut.

 

3. Setelah  itu proses pengentalan tinta dengan cara cukup diangin anginkan saja, atau menggunakan kipas angin dan bisa juga di jemur dimatahari terik supaya lebih cepat proses pengentalannya.
4. Lama waktu yang dibutuhkan untuk mengentalkan bisa dari 1 – 8 jam lamanya, tergantung dari cara proses pengentalan maupun banyaknya tinta yang mau dikentalkan. (8 jam bisa terjadi bila hanya didiamkan dalam suhu ruang saja)

5. Bila diaduk sudah mulai mengental seperti ini maka tinta yang sudah mengental tersebut bisa dikembalikan pada wadah tinta tersebut atau masukkan kedalam wadah lain untuk penyimpanan.

 

6. Sisa tinta yang masih ada pada permukaan piring yang sudah sulit dipindahkan bisa diencerkan terlebih dahulu menggunakan thinernya dan ada baiknya menggunakan thiner yang khusus untuk memperlambat pengeringan tinta pada screen seperti M4 Slow bila tintanya berjenis mate/PE atau menggunakan Terpin bila tinta berjenis tuff/ PP

 

7. Sisa tinta yang ada dipiring bila sudah encer maka bisa dituang ke wadah tintanya lagi.
8. Aduk tinta yang ada diwadah tadi hingga tinta yang sudah mengental tadi mulai encer kembali, bila dirasa tinta masih terlalu kental maka bisa ditambahkan thiner pelambatnya lagi.
9. Bila keseluruhan tinta sudah cukup tingkat keencerannya maka tinta tersebut sudah siap untuk digunakan

Selamat Menyablon.


Translate »