Bubuk Timbul untuk Kreasi Kartu Undangan, Sampul Buku, Kartu Nama

Cara membuat tulisan menjadi timbul adalah dengan menggunakan bubuk timbul.

Bagi para sabloners ini adalah metode lama yang sering digunakan. Bagi sabloner pemain lama mungkin sudah tidak asing dengan bubuk timbul seperti ini, namun bagi sabloners pemula mungkin cukup asing kedengarannya plus ditambah kemajuan jaman yang masuk dalam era digital saat ini.

Tulisan menjadi timbul bisa dari berbagai macam cara seperti emboss, tinta yang timbul langsung ini dengan metode tinta yang memiliki karakter kental dan tebal hasilnya dan satu lagi dengan bantuan dari bubuk timbul itu sendiri.

Cara ini biasa digunakan pada pengerjaan sablon untuk kartu undangan, cover teks dari skripsi, sablon kartu nama timbul, dll

Cara pengerjaannya cukup mudah dan sederhana, mula-mula kita menyablon seperti biasa kita menyablon pada bahan kertas yang hendak disablon

Setelah disablon seperti di atas lalu langsung ditaburi bubuk timbul tersebut sebelum tinta yang disablon tadi mengering, sehingga bubuk timbul tersebut dapat menempel / melekat pada tinta yang masih basah tersebut.

 

Setelah bubuk timbul ditaburi dengan rata lalu kita tiriskan dengan cara kertas diketuk ketukkan sehingga bubuk yang tidak menempel pada tinta yang masih basah akan jatuh turun dan bubuk yang menempel pada tinta tetap berada diposisinya.

 

Setelah itu selesai maka bubuk timbul tersebut kita panaskan bisa dengan menggunakan heatgun  atau bisa juga dengan digarang/ istilahnya dipanggang / di oven sampai pada suhu tertentu sehingga bubuk timbul tersebut mencapai titik lebur dan akhirnya menyatu dengan tinta yang disablon tadi.

Bisa dilihat yang atas yang belum dipanaskan dan yang bawahnya yang sudah dipanaskan.

Untuk hasil timbulnya bisa dilihat seperti gambar dibawah ini dengan dilakukan zoom foto lebih dekat.

  

 

Nah, mudah bukan? Bila anda sudah paham, ayo para sabloners mulai berkarya kembali atau tingkatkan kreatifitas anda dengan produk ini.


Translate »