Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Katalis untuk Screen Printing: Aditif Perekatan Tinta Sablon

Katalis (Catalyst) dalam dunia percetakan sablon / screen printing adalah suatu aditif (bahan tambahan) untuk memperkuat tingkat perekatan tinta pada permukaan bahan yang disablon.

Untuk ulasan kali ini, kita membahas tentang permukaan bahan yang perlu tambahan katalis. Misalnya: rubber silicon, gelas kaca, metal, aluminium, tas, payung, jaket atau jas hujan dengan bahan nylon.

Kami sering menerima pertanyaan dari sabloners, “Mengapa hasil sablonan pada bahan tersebut cepat luruh (rontok) ?” Jawaban kami biasanya berkisar pada tinta yang mereka pakai dan apakah sudah sesuai / senyawa dengan bahan yang hendak disablon tersebut. Bila pilihan tintanya sudah tepat, maka kami sarankan adanya penambahan katalis sebelum tinta tersebut dipakai untuk menyablon.

Tentunya, sebelum produksi massal, sabloners hendaklah melakukan tes cetak pada bahan yang akan digunakan.

Cara Pemakaian:

Anda harus mencampur katalis dan tinta di wadah yang berbeda dari wadah tinta maupun wadah katalis. Aduk rata sebelum pemakaian.

Perlu diingat bahwa setelah katalis dicampur dengan tinta cetak, campuran tinta memiliki kehidupan dari sekitar enam sampai delapan jam. (Tergantung jenis katalis yang digunakan) Pastikan bahwa anda hanya mencampur cukup tinta untuk digunakan pada pekerjaan sablon dalam satu sesi.

Campuran tersebut di atas adalah layak pakai selama masih bisa dituang ke atas skrin. Akan tetapi jika campuran tersebut sudah mengkristal dan mengeras, maka tidak lagi layak digunakan.

Bila anda memerlukan katalis untuk kebutuhan sablon anda, silakan hubungi kami melalui telepon (0838) 0888-4500 atau (0815) 200-8944

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Bila ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini atau gunakan fasilitas kontak kami. Jika anda suka artikel ini, bagikan pengetahuan ini pada keluarga dan kerabat anda melalui kanal media sosial atau surel.

 

Tagged on:

6 thoughts on “Katalis untuk Screen Printing: Aditif Perekatan Tinta Sablon

  1. Akun

    Om dani,jenis tinta sablon buat bahan sperti gelang karet,pake tinta ap y om,biar senyawa dengan bahan dan g mudah ilang/ngeletek..?
    Mohon p’cerahan’y om,,??
    Heheee..
    Mkasih om,,

  2. Kamal

    Salam.. pak Dani sya mau tanya untuk persentase pencampuran antara rubber+katalis brp banding brp pak? Untuk tinta rubber sebaiknya pakai jenis soft, atau yg tebal kualitas karetnya? Media sablon bahan taslan/parasut (tidak tahan panas) apa ttp perlu di hotpress? Mohon di bantu pak. Terima kasih

    1. Pak DaniPak Dani Post author

      Penggunaan ruber dengan katalis biasanya tidak lebih dari 5% untuk katalisnya tapi tergantung dari merk rubbernya, coba ditanyakan lebih detailnya pada penjual.

      Untuk keperluan sablon payung pakai yang soft tentunya, mengingat taslan/ payung tidak sering dicuci maka pengeringan cukup diangin anginkan saja. Namun bila ingin lebih tahan tentu menggunakan tinta basis solven khusus untuk parasut.

  3. Andri

    Maap bang dani numpang tanya, itu klo saya bikin racikan rubber + katalis + binder , gimana ya hasil ny.?
    Atau cukup dengan rubber + katalis saja biar hasil cetak tahan lama dan tidak luntur.?
    Mohon penjelasan ny bang
    Trima kasih

    1. Pak DaniPak Dani Post author

      Kalau mau tahan lama dan tidak luntur pada dasarnya lebih ke finishingnya yang baik, seperti pemanasan/ pengeringan sampai tingkat kematangan yang cukup maka hasil akan sempurna, untuk penambahan binder boleh boleh saja asalkan tidak berlebihan karena akan mempercepat pengeringan pada screennya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Translate ยป