Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian Binder Di Dunia Percetakan Sablon

Banyak peminat sablon yang masih belum paham mengenai fungsi dari sebuah binder. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan sedikit dari fungsi binder.

Binder dari kata bahasa Inggris yang artinya pengikat.   Dari kata pengikat itu bisa dijelaskan bahwa bahan pengikat ini kegunaannya untuk mengikat beberapa jenis bahan yang dicampur.

Begitupula saat kita menggunakan tinta karet warna atau pun extender medium yang sudah barang tentu kita harus campur dengan pigmen atau pewarna maka untuk menyatukan kedua jenis bahan itu harus ada pengikatnya dan pengikatnya ini adalah binder.

Lalu bagaimana bila tanpa binder?

Sudah barang tentu pigmen atau pewarna tersebut akan terlepas dari tinta, karena tidak ada bahan pengikatnya.

Kalau bindernya kurang bagaimana?

Bila binder kurang maka akibatnya juga sama seperti tanpa binder namun tidak semua warna akan terlepas dari tintanya tersebut.

Kalau Bindernya berlebih bagaimana?

Kalau bindernya berlebih tentu pigmen atau pewarna tersebut semakin kuat terikat.

Namun bukan berarti kita bisa memberikan binder sesuka kita karena tentu akan berakibat lain seperti tinta yang terlalu encer dan juga lebih cepat mampat pada lubang kain screennya. Jadi pemberian binder secukupnya masih boleh disarankan tentunya.

Semoga menambah wawasan bagi semua pembaca.

103 thoughts on “Pengertian Binder Di Dunia Percetakan Sablon

  1. Pahmi

    Mas tolong di bantu mas.
    Kronologinya gini, saya nyablon kaos menggunakan tinta rubber (white) putih ke kaos warna hitam. Kok waktu sudah saya keringkan menggunakan hairdryer dan sterika . Setelah itu langsung saya sikat sablonan di kaosnya. Kok luntur ya mas (seperti terkikis gitu). Apakah dengan menggunakan “binder” masalahnya akan selasai atau proses yang lainnya mas.

    Tolong jawab mas saya mohon

    1. Pak DaniPak Dani Post author

      dugaan kami sepertinya pemanasan yang belum maksimal bisa terjadi seperti itu. Digosok bukan berarti seperti menggosok kaos yang lecek, tapi memanaskan hasil sablonan supaya matang.
      semoga terbantu.

      1. Pahmi

        Maaf mas saya telah mengikuti aturan main dalam proses pengeringannya. Hasilnya sangat kering bagus. Tetapi ketika saya sikat sablonan luntur.

        Untuk lebih jelas saya menggunakan merek tinta rib rotari tanpa tambahan apa apa.

        1. Pak DaniPak Dani Post author

          Kami tidak pernah menggunakan rib rotary, jadi kami tidak bisa lebih jauh menjawabnya.
          Ada baiknya di konsultasikan ke tempat mas beli tinta tersebut supaya mendapat solusi yang terbaiknya.

  2. Hajar aswad

    Om maap mw nanya …sbgi pemula di dunia sablon kan blm begitu kumplit alatnya di karenakan dana dan ketiadaan barangnya ..mw nanya kalo press tanpa kain teflon dan astralon gimana bang ..apa ada cara yg lain inopasi lain gituh ..mohon maap sebelumnya
    Terimakasih

  3. Baihaqi

    Mas mau tanyak, agar permukaan sablon rata itu bagaiamana? Kadang permukaan sablonan tdk rata, ada yg berlubang, dan pastanya mash nempel di screen

    1. Pak DaniPak Dani Post author

      kalau rata tidak berlubang itu masalah di kekentalan catnya, terlalu encer ataupun kental juga bisa terjadi spot lubang kecil, coba diperhatikan terlebih dahulu pada kekentalannya.

  4. Bu diva

    Hallow mas, salam kenal ya, sy beli binder MB- 20, itu campurannya apa ya mas kalau mau encerin lg dikit, soalnya terlalu kental, sy coba air dan binder lain dia ga mempan, makasi infonya mas

    1. Pak DaniPak Dani Post author

      coba tanyakan terlebih dahulu ditempat anda membeli binder tersebut, karena bisa saja berbeda dengan yang kami jual.

  5. Rian Saptahadi

    Mas Dani, agar hasil sablon awet, kuat dan tahan lama, itu di tentukan dari apanya ya ? Apakah dari proses Pemanasan hair dryer atau proses Finishingnya (presnya) ?

    Dan apa ada alternatif lain kalau tdk mempunyai alat Pres ?
    Untuk Sablon Rubber.

    1. Pak DaniPak Dani Post author

      Hasil awet, kuat dan tahan lama ya banyak faktor, dari mulai tinta yang berkualitas, hasil pengeringan yang sempurna sampai saat pencucian yang tidak kasar juga berpengaruh.

  6. Achmad yani

    mas dani..
    saya masih pemula untuk sablon.
    saya mau Sablon zak pupuk.
    untuk hasil yg bagus dan sempurna,.
    – scren ukuran berapa..?
    – memakai cat yang bagus apa..?
    – minyak campuran catnya apa..?
    terimakasih, mohon petunjuknya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Translate »