Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pisah warna dengan CorelDraw

Menanggapi banyaknya pertanyaan mengenai bagaimana caranya memisahkan warna pada sebuah gambar dengan menggunakan CorelDraw,  pada artikel ini kami sedikit mengulas tips dan triknya.

1. Ambil sebuah gambar yang hendak diproses pemisahan warnanya, lalu ubah gambar tersebut menjadi CMYK bila file tersebut berupa RGB dengan cara mengklik 1x gbr tersebut lalu arahkan kursor ke bitmaps  lalu klik convert to bitmaps, kemudian pilih CMYK lalu klik OK.

coreldraw004

 

coreldraw008

coreldraw009

Kemudian klik OK

2. Setelah gambar atau foto sudah berubah menjadi CMYK, maka proses selanjutnya mulai kita pindahkan gambar tersebut kedalam proses pemisahan warna dengan cara klik kembali bagian atas yang bertuliskan bitmaps, lalu klik edit bitmap…

Tunggu beberapa saat nanti akan muncul Corel Photo Paint pada layar windows baru.

coreldraw010

3. Sekarang kita sudah dibawa ke layar baru pada Corel Photo Paint dimana kita bisa sedikit mengedit maupun memproses gambar tersebut untuk dipecahkan atau dipisahkan menjadi CMYK.

4. Bila gambar foto sudah dirasa cukup baik maka proses pemisahan warna bisa kita lakukan dengan cara mengklik image lalu klik split channel lalu klik CMYK,

coreldraw012

dan hasilnya akan terbuka 4 layar dengan masing masing bagian warna yang sudah dipisahkan menjadi CMYK

coreldraw013

Selamat mencoba 😎

 

 

 

26 thoughts on “Pisah warna dengan CorelDraw

  1. tokodani

    @ Rangga, pakai corel versi berapa? kalau saya waktu dulu klo ngak salah inget pake versi x3 klo ngak salah inget deh, kalau versi yang lebih baru mungkin tombol utk edit bitmapsnya letaknya diposisi lain gitu, coba cari cari aja dulu.

    untuk rasternya diatur pada saat mau print laser, dan tiap masing masing merk maupun tipe laser bisa beda beda nama istilah ataupun tombol pilihannya gitu.
    kalau mau buat ditempat film cukup tinggal bawa filenya saja ke tempat repro nanti mereka yang buatin besaran rasternya gitu.

  2. Rangga

    mas dani,,
    kok edit bitmapnya ndak muncul yah?,, masih ndak bisa di pakai setelah di convert ke cmyk.

    lalu kalo langkah di atas sudah selesai, gimana cara raasternya mas? supaya bisa dibuat film?
    makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Translate »