Lem Meja Sablon

Lem Meja

Kami tambahkan artikel mengenai perlengkapan sablon yang salah satunya adalah Lem Meja.

Fungsi dari Lem Meja adalah untuk merekatkan bahan kaos pada permukaan bidang triplek.

Tujuannya adalah supaya bahan kaos tidak bergerak serta rata permukaannya sehingga bila diperlukan penyablonan 2 – 3 kali maka hasil sablonan tidak lari.

Caranya cukup mudah, letakkan bidang triplek tersebut lalu diatasnya diberi cairan lem meja. Cara yang mudah dan praktis dengan menuangkan lem meja tersebut meliuk dari atas kebawah, kita sebut saja secara horizontal.
Lihat pada gambar pertama.

gbr 1 

 

 

Tahap selanjutnya kita ratakan lem tersebut bisa menggunakan kartu voucher bekas/kape atau busa spon. Setelah itu tunggu hingga kering.
Lihat pada gambar ke dua.

  gbr 2

 

Kemudian kita beri lem meja lagi tapi kali ini dengan arah vertikal. Dan kita ratakan lem meja tersebut dan tunggu hingga kering.
Lihat pada gambar ke tiga.

 gbr 3

 

Pastikan lem meja benar benar sudah mengering karena bila masih ada yang belum mengering dan kita rekatkan bahan kaosnya maka saat pelepasan kaos pada papan triplek tersebut akan terjadi flek yang menempel pada bahan kaosnya. Jadi pastikan lem meja sudah kering sebelum anda merekatkan bahan kaosnya.
Lihat pada gambar ke empat.

 gbr 4 

semoga bermanfaat.

67 thoughts on “Lem Meja Sablon

  1. ARA

    Selamat malam ms dani….
    Mau tanya itu lem meja sampai kering/tidak meninggalkan bercak di kaos berapa menit?
    Terima kasih..

    1. Pak DaniPak Dani Post author

      Lem meja tidak akan meninggalkan bekas pada kaos bila;
      1. Lem meja sudah benar benar kering pada permukan papan sablon.
      2. Lem meja tidak terlalu tebal pemakaiannya pada papan sablon.

  2. Mitmit

    Hallo.. Kalau mau menghilangkan bekas lem yang menempel di belakang kain pakai apa ya? 🙁 saya produksi banyak, dan banyak yang nempel lemnya..

  3. Muhammadmustofa

    Mas saya mau tya hrga lem meja sablon???? Cara pemesanan gmn nih….. Dan lrm itu klo kering apakah masih ttp lengket klo dikain… Sehingga ttp berfungsi….

    1. Pak DaniPak Dani Post author

      lem meja memang digunakan setelah lem mengering pada papan, kalau masih basah lemnya tentu lemnya akan terbawa pada kaosnya.

  4. Adin Yusroni

    sore mas dani, sebelumnya ane masih awam nih dalam bidang sablon, mau nanya mas. kan ane nyablon nih, uda pake lem meja di tripleknya, baru banget di kasih lem meja lagi, nahh setiap ane nyablon itu kain yang ane sablon pasti ikut keangkat waktu ane angkat screenya mas, itu salahnya di mana ya mas ?? padahal uda pake lem meja. terus pada waktu ane mau sablon kedua kalinya kan jadinya gabisa sama mas. mohon pencerahanya mas.

    1. Pak DaniPak Dani Post author

      kemungkinan yang terjadi adalah lem meja yang ada pada papan masih terlalu tipis. coba dikuas 2 – 3 x

      selanjutnya setelah lem kering, rekatkan bahan kaosnya ratakan bahan kaosnya pada permukaan papan sambil sedikit ditekan supaya kaos merekat pada papannya.

      selama mencoba.

  5. rudi galeri

    Mau bagi” ilmu sedikit untuk lem meja bisa menggunakan Lem FOX/ lem kayu denagn cara direbus tambah air selamat mencoba

      1. tokodani

        bernoda pada kaosnya sih tidak mas, namun kami juga sudah mengujinya dan ternyata tidak lengket seperti lem meja biasanya, waktu kering ya kering saja jadi tidak bisa berfungsi sebagai lem meja.

    1. tokodani

      kalau meja sablon dibuat dari triplek bisa saja mas. tapi untuk posisi kaki kakinya lebih baik dari besi supaya tidak mudah goyang

    1. tokodani

      Sepertinya itu sulit untuk dilakukan pengerjaannya mas, karena sedikit saja kaos bergeser pada tempatnya maka tentu saat dilakukan pengulangan sablon tidak akan bisa sama lagi.

  6. Yudy

    Selamat malam mas dani,,,!Salam kenal ya!boleh tanya mas?cara sablon cabut warna gimana sih caranya?Pakai tintanya apa?Terima kasih atas jawabannya.

    1. tokodani

      untuk saat ini kami belum membuat untuk artikel mengenai cabut warna, mungkin bisa anda cari mengenai cabut warna di youtube sepertinya sudah banyak juga yang membahasnya mas.

  7. amar

    Klo ngsh lem meja’a dlam keadaan tripleknya msh bnyak blunya bkaln rubh bhan kaos trutama kaosnya, soalnya ane mles bershn tripleknya, he

    1. tokodani

      lem meja tidak tergantung dari berapa kali bongkar pasang bahan kaos yang direkatnya, tergantung dari bahan kaos yang digunakan, semakin banyak bulu bahan kaosnya maka semakin cepat lem meja kurang rekat, begitu pula sebaliknya.
      Jadi kalau menggunakan bahan kaos hijet/ biasa disebut kaos partai atau kaos bola yang tidak berbulu maka daya tahan lem meja akan tetap. Begitu pula sebaliknya bila combet maka lebih cepat daya rekat lem meja akan berkurang, terlebih lagi bahan kaos switer lebih cepat lagi daya tahan lem tersebut berkurang.

  8. muhammad toha

    malam mas ,saat pelepasan apakah akan merusak kaos ? apakah ada cairan khusus untuk melepaskan nya ?
    dan harga papan nya berapaan mas ? inbox ke email ya mas ,makasih 🙂

    1. tokodani

      Lem meja dibuat khusus memang untuk merekatkan kaos, namun tidak akan merusak kaos saat kaos dilepas dari papan kaos yang sudah ada lem mejanya.

  9. FIRMAN

    Untuk sablon satu warna ,jika slesai apakah boleh langsung dilepas kmudian ganti kaos berikutnya ??
    atau harus menyediakan papan triplek sejumlah kaos yg mau disablon.
    “Maaf saya baru pemula untuk sablon kaos “

    1. tokodani

      Intinya bila kaos yang sudah disablon tidak akan disablon warna lain atau mau sablonnya di double maka kaos boleh dilepas.
      sebaiknya memang menambah jumlah triplek papan kaos lagi, bila dana masih terbatas bisa penambahan papan tripleknya sedikit demi sedikit.

  10. mufidz

    kalo mau pesan triplek untuk kaos jadi seperti diatas, apa ada di tempat sampean mas? makasih infonya, sekalian harganya via email Plus ongkir ke Baron nganjuk jawa timur

  11. Jodi

    Sebaiknya triplek baru dilepas setelah benar2 selesai nyablon ya. Karena, triplek kalo dilepas bakalan repot mencocokan sablonan kedua kalinya di baju yang sama. ibarat mantan ngajak balikan, meski bisa.. Tapi sulit seakur kayak dulu,yah… *mendadak galau

    1. tokodani

      Boleh saja tapi tidak seluruh bagian plastik direkatkan karena akan menyulitkan sendiri saat menaruh plastik berikutnya.
      cukup setetes diujung atas atau ujung bawahnya saja.

    1. tokodani

      namanya lem meja memang dibuat khusus untuk merekatkan kaos pada papan triplek, jadi walau lem sudah mengering
      tapi tetap lengket untuk merekatkan kaos oblongnya mas.:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Translate »