Istilah Pada Kain / Screen Dalam Dunia Sablon (part 3)

Pada gambar sebelumnya maupun gambar berikut dibawah ini menunjukkan tebal kain 61T, 90T, dan 150T amat jelas perbedaan dari ketebalan benang masing masing nomor kain screen dan juga kerapatan lubang yang ada. Jadi semangkin tinggi nomor kainnya maka semakin halus dan rapat lubangnya serta makin tipis benangnya.

 

Banyaknya tinta yang keluar melalui lubang screen dipengaruhi oleh luas lubang screen tersebut dan ketebalan tinta ditentukan dari ketebalan benang tersebut. Semakin tipis benangnya maka semakin tipis tinta yang melekat pada bidang sablonnya.

 

Sebagai ilustrasi perbandingan tipe S (halus) , T (tebal) maupun HD (tebal sekali) dari kain nomor 100 kain screen/ mesh yang sama 100 S, 100 T dan 100 HD

Dari gambar terlihat jelas dengan tipe HD maka tinta yang keluar melalu lubang lebih sedikit jika dibandingkan dengan tipe S maupun T.

 

Namun sebaliknya untuk ketebalan tinta yang keluar maka tipe yang S lebih tipis dibandingkan dengan yang tipe T maupun HD.

 

Nah sekarang rekan sabloner sudah mengetahui perbedaan dari tiap tipe tersebut.

Kami yakin didalam benak sabloners akan bertanya Lalu mana yang bagus untuk digunakan?

Jawabannya cukup singkat koq. Semua ukuran nomor kain screen dan semua tipe baik S, M, T maupun HD adalah Bagus dan Baik. Tidak ada yang lebih bagus dan tidak ada yang lebih jelek.

 

Mengapa demikian?

Karena semua dibutuhkan dalam menyablon dan semua digunakan sesuai kebutuhan yang diinginkan tentunya.

 

Selamat berkreasi.

39 thoughts on “Istilah Pada Kain / Screen Dalam Dunia Sablon (part 3)

  1. Avatarsusanto

    Mas saya mau pesan screen aluminium yang cocok buat sablon cmyk. Ukuran 40×60 mas 4 buah. Berapa totalnya dengan angkir ke makassar mas..ditunggu konfirmasinya…terima kasih.

  2. Avatarkiking ahmad saki

    Pa Dani saya mau bertanya untuk masalah T.12,,,T14,,, dst… kalau dihitung ke mesh Jadi mesh berapa, dan Cara perhitungannya bagaimana???….terimakasi sebelumnya, (KIking)

  3. AvatarHamzah

    Saya perlu screen lobang besar, tapi saya belum tahu persisnya. Bisa diinformasikan screen type berapa yang ada? Saya butuh untuk ukuran sekitar 35×50 cm.
    Mungkin sebaiknya toko dani mencatumkan daftar barang yang ada walau tanpa menyebutkan harga, jadi konsumen yang nyari barang tinggal telpon utuk tanya harga dan kesediaan barang.
    trims

  4. Avatarkhaerul

    Maaf sy pemula om. Mau tanya .Sy pake screen t14. Dan tinta rubber pasta putih. Gesutan pertama bagus. Tapi hasil gesutan ke dua dan ketiga screennya selalu mampet. Minta sarannya. Terimakasih ๐Ÿ™‚

    1. Avatartokodani

      gak salah mas pakai screen 14T cuma 1 x gesutan sudah mampet?
      yang perlu kami tanyakan Anda butuh waktu perapa menit untuk melanjutkan gesutan ke 2?

    1. Avatartokodani

      bagus itu relatif, sekarang yang dimaksud bagus menurut anda itu bagus seperti apa?
      bagus dalam arti tidak perlu berulang kali disablon?
      atau
      bagus dalam arti hasil terlihat lebih tebal seperti timbul?

  5. Avatartox'z

    lampu yg ada d pt 1 doang ga tau nama lampu nya yg jelas nyinar paling lama 4menit itupun sudah keras nyemprot nya, bagus nya gmana ya mas kalo pas nyemprot biar gambar nya mulus? Apa harus air ama angin jd bunga atau air d buat tajam?

  6. Avatartox'z

    saya krja d pt printing mas, saya bagian bikin screen, saya mau tanya gmana bikin screen yg bagus ga grepes pake ulano 133 kain 150 nyemprot pake kompresor, mohon d banu mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Translate ยป