10 Tips Sukses Sablon Kain

Sebelum tahun yang baru menyambut kita semua, kami akan memberikan 10 saran yang mungkin berguna bagi para penyablon kaos (terutama para pemula) agar mendapat hasil yang memuaskan:

  1. Gambar rancangan (desain): Pastikan gambar yang akan digunakan untuk sablon dapat direproduksi dengan jelas, maksudnya garis-garis tidak terlalu halus dan titik-titik tidak terlalu kecil. Separasi warna yang bagus juga penting dalam persiapan sablon.

  2. Film: Gunakan film yang bagus mutunya dan pastikan bahwa gambar yang dicetak ke atas film betul-betul jelas dan bersih.

  3. Screen/mesh/rangka sablon: Pilih ukuran rangka yang tepat dan kain sablon yang tepat untuk tugas sablonan ini. Pastikan rangka betul-betul bersih dan kering sebelum memberi coating obat afdruk. Ikuti cara afdruk di artikel ini.

  4. Tinta: Pilih tinta atau medium yang sesuai dengan kain yang akan anda sablon.

  5. Rakel: Gunakan rakel yang cocok untuk proyek sablonan tersebut dan pastikan bahwa bagian rakel yang akan digunakan untuk mendorong/menyapu tinta tidak ada cacatnya sehingga hasil sablonan rata

  6. Alas/dasar sablon/meja sablon: Pastikan bahwa alas untuk menyablon rata dan cukup luas agar stabil waktu anda menyablon.

  7. Bahan/kain yang akan disablon: Kenalilah permukaan yang akan anda sablon apakah itu kain katun, campuran katun & polyester, dlsb.

  8. Pengering: Bila menggunakan dryer (flash) antar warna sablonan, jangan sampai terlampau panas.

  9. Curing” (baca – kyu-ring): Jangan menggunakan suhu curing yang terlalu tinggi. Untuk mengetahui apakah kaos yang disablon telah dikeringkan dengan baik, setelah sablonan kering, kaos tsb diregang dan hasil sablonan tidak retak.

  10. Lakukan test sablon sebelum memproduksi dalam jumlah besar.

Untuk melihat cara menyablon kaos step-by-step anda bisa melihatnya di artikel ini. Semoga tips ini membantu anda untuk menghasilkan hasil sablon kaos yang memuaskan anda dan pelanggan anda. Ingatlah:

SUKSES ANDA ADALAH SUKSES KAMI JUGA

69 thoughts on “10 Tips Sukses Sablon Kain

  1. AvatarMuslih

    Siang kang.. untuk hasil sablonannya tidak berpori2/ agar semua hsil merata, sabaiknya pake screen T berapa & merek rubberx apa kang?

  2. Avatarsandro

    saya kemarin baru pertama kali nyoba nyetak pake tinta rubber di baju, permasalahan saya tintanya itu tidak rata ada bagian yg timbul di beberapa tempat dan tintanya tembus di pojok pojok screen, apa karena afdruk yg kurang sempurna? mohon pencerahannya suhu =((( trimakasih :)))

    1. AvatarPak Dani

      tidak rata bisa berbagai faktor, bisa karena hasil afdruk yang kurang maksimal, bisa juga karena tekanan gesutnya yang memang kurang rata.
      Kalau tinta tembus dipojok screen itu ya karena obat afdruknya tidak rata sampai tepi kayu screennya, diberi lakban saja pada sisi pinggir keseluruhan bingkainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Translate »