Jenis Kain Kasa atau Screen Sablon Bag. 2

Mari kita lanjutkan pembahasan tentang jenis kain kasa sablon. Pada bagian pertama, kita membahas tentang jenis tenunan kain. Di bagian ke dua ini, kita akan membandingkan fungsi screen warna putih dan warna oranye/kuning.
Perhatikan gambar berikut ini:

Beda kain screen putih & kuning/oranye

Gbr 3. Perbandingan pemantulan cahaya screen putih dan oranye

Pada ke dua gambar di atas ada garis tebal berwarna hitam, yang mengilustrasikan bagian film positip sablon yang akan diafdruk.
Panah yang diatas menunjukkan arah sinar saat exposure.

Film positip akan menghalangi masuknya sinar ke dalam serat benang. Sedangkan bagian yang tidak ada film positipnya, sinar terus masuk lebih dalam lagi menembus serat benang.

Disaat sinar menembus pada serat benang tersebut,  cahanyanya akan terpantul kembali kesegala arah sesuai dengan bentuk media yang memantulkannya.

Ilustrasi tersebut bisa dilihat dari arah panah yang memantul kesegala arah.
Dari pantulan itu, cahaya yang tadinya tidak tembus karena terhalang oleh film positip sablon seolah-olah tertembus oleh sinar. Padahal bagian tersebut  seharusnya tidak boleh terkena exposure/ sinar

Pada gambar kiri, tampak bagian yang seharusnya tidak terkena sinar sekarang terkena oleh pantulan sinar dan ini yang menjadi sebab mengapa terjadi kegagalan saat pengafdrukan.

Mari sekarang kita perhatikan pada gambar sebelah kanan yang serat benangnya  berwarna oranye/ kuning.

Seperti keterangan di atas, sinar yang memantul akan diredam oleh serat warna oranye/kuning sehingga sinar tersebut tidak bereaksi dengan obat afdruk. Dengan demikian hasil afdrukan menjadi sempurna.

Perbandingan hasil yang didapat antara menggunakan bahan benang screen putih dengan yang berwarna oranye/kuning tampak pada gambar dibawah ini.

Beda hasil afdruk pada kain screen putih and kuning/oranye

Gbr 4. Perbandingan hasil afdruk kain kasa putih dan oranye/kuning

Hasil pada gambar yang kainnya putih bentuk lingkaran tidak sempurna (seperti “meleber“) dibanding dengan gambar yang kainnya berwarna oranye/kuning.

Penjelasan di atas menimbulkan pertanyaan:

Apakah sebaiknya harus mengggunakan kain screen berwarna oranye/ kuning?

Jawaban kami:

Tidak. Tergantung pada gambar yang akan anda sablon. Bila desain gambar tersebut terdapat garis-garis yang halus / detil, penggunaan kain screen berwarna oranye/kuning akan menghasilkan sablonan yang lebih sempurna.

Demikianlah pembahasan jenis kain screen warna putih dan oranye/kuning. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Bila anda membutuhkan perangkat rangka sablon dan kain sablon, silakan kunjungi toko DANI atau hubungi kami untuk pemesanan via kurir.

23 thoughts on “Jenis Kain Kasa atau Screen Sablon Bag. 2

  1. Avatarbudi

    Ijin bertanya Pak Dani, kalau mau sablon untuk gambar yang ngeblok/vektor dengan tinta rubber bagusnya pakai screen T berapa biar hasilnya halus permukaannya?

  2. Avatarputra

    ntuk desain tulisan2 kecil baiknya menggunakan screen T berapa mas dani? saya menggunakan screen T61 tapi hasil afdurk kurang sempurna., misalnya huruf A, tp sgitiga ditengahnya ikut terkelupas ketika dicuci.. padahal sudah dengan tekanan yang lembut ketika dicuci/disemprot. mohon bantuanya mas dani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Translate »