Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menentukan Waktu Penyinaran Afdruk

Pada tulisan yang lalu mengenai Cara Afdruk, saya berjanji untuk membahas cara penentuan waktu penyinaran. Rupanya, masalah penentuan waktu ini menjadi misteri bagi beberapa orang yang  mencoba untuk menangani pengafdrukan sendiri.

Banyak merk obat afdruk yang beredar di pasaran, dan pada umumnya masing-masing produk sudah merekomendasikan ukuran waktu penyinaran. Tetapi informasi produk tersebut tidak menjelaskan lebih rinci bahwa waktu penyinaran itu dipengaruhi oleh beberapa faktor lain.

Perlu kita ketahui bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi waktu penyinaran itu antara lain:

  1. Besaran Watt lampu yang digunakan.
  2. Jumlah lampu yang digunakan.
  3. Jarak antara Bidang yang akan diafdruk dengan Lampu.
  4. Ukuran Mesh ( halus kasarnya) bahan kain screen.
  5. Faktor X dari Arus Listrik.

Disini saya akan membahas cara menentukan waktu penyinaran afdruk dengan melakukan eksperimen. Saya berasumsi bahwa ke lima faktor di atas pada ruang afdruk anda berbeda dengan ruang afdruk saya.

Seperti yang mungkin anda telah ketahui, eksperimen tidak menjamin kesuksesan pada percobaan yang pertama ataupun yang ke dua. Harapan saya, bila eksperimen anda tidak berhasil pada percobaan yang pertama, ke dua, ataupun yang ke tiga, eksperimen berikutnya  akan membuahkan hasil sukses.

Kunci sukses: Jangan cepat putus asa atau frustrasi. Belajarlah dari tiap kegagalan tersebut agar kita tidak mengulanginya di masa mendatang.

OK, untuk menghemat waktu mari kita mulai belajar dari “kegagalan” ini! Nah apapun obat afdruk yang anda pakai, pasti anda tetap akan berhasil melakukan pengafdrukan ini.

ILUSTRASI

Untuk eksperimen ini, siapkan secarik kertas dan pulpen.

  1. Beri titik disebelah kira dan beri tanda angka 0
  2. Kemudian tarik garis lurus secara horizontal kearah kanan
  3. Beri titik disebelah kanan dan beri tanda angka 20
  4. Selanjutnya beri titik tepat digaris tengahnya dan beri tanda 10
Garis waktu pertama

Garis waktu pertama

Eksperimen Pertama

Beri waktu penyinaran pada screen yang hendak diafdruk selama 10 menit.

Setelah 10 menit, lakukan tahap-tahap berikut ini:

Tahap I. Sebelum melakukan pengembangan dengan menyiram air pada screen, lihat dahulu apakah terlihat perbedaan bayangan yang terjiplak pada bahan screen tersebut?

Ada 2 kemungkinan yang terjadi disini:

  1. Bayangan gambar pada bahan kain screen tidak terlihat/timbul.
  2. Bayangan gambar pada bahan kain screen tersebut tampak dengan jelas.

Tahap II. Selanjutnya kita lakukan penyiraman dengan air dan mengembangkan gambar dengan cara menyemprotnya secara halus.

Ada 2 kemungkinan yang terjadi disini:

  1. Obat afdruk yang merekat pada bahan kain screen langsung larut bersama air saat kita siram.
  2. Bayangan gambar mulai terlihat lebih jelas lagi.

Jika pada tahap I dan tahap II, anda mendapatkan kemungkinan yg ke dua (bayangan gambar tampak jelas sebelum penyiraman DAN bayangan gambar terlihat lebih jelas lagi SESUDAH penyiraman dan penyemprotan), maka eksperimen pertama ini sudah sukses bagi anda.

Akan tetapi bila pada tahap I  dan tahap II, anda mendapat kemungkinan yg pertama (bayangan gambar pada screen tidak jelas dan/atau obat adruk pada screen larut), maka eksperimen ini gagal.
Anda sudah memiliki pengalaman dan kegagalan satu kali. Itu bagus untuk Anda!

Mengapa?

Karena Pengalaman dan Kegagalan adalah kunci Keberhasilan Anda
Selanjutnya mari kita lakukan eksperimen yang ke dua.
Ambil CATATAN Anda yang tadi, beri tanda pada angka 10 tadi dengan (-) yang artinya kurang waktu.
Sekarang beri tanda titik tepat ditengah garis antara angka 10 dan 20 dan beri angka 15

Garis Waktu Ke dua

Garis Waktu Ke dua

Eksperimen Ke dua

Mari kita lakukan pengafdrukan kembali dengan waktu penyinaran selama 15 menit.

Lakukan pengamatan seperti saat eksperimen pertama.
Jika ternyata setelah dilakukan penyiraman hasil yang didapat adalah sbb:

  1. Ada bayangan terlihat pada bahan screen
  2. Saat pengembangan dengan menyiram air, bayangan terlihat lebih jelas.
  3. Saat pengembangan lebih lanjut dengan menggunakan spray gun / semprotan ternyata gambar yang sudah timbul menjadi rontok atau hancur gambarnya.

Dari kegagalan ke 2 ini, kita dapat menyimpulkan bahwa waktu penyinaran masih belum sempurna dan masih belum cukup waktu penyinarannya.

Tidak apa-apa, jangan pantang menyerah karena anda sudah lebih berpengalaman.

Ambil kembali CATATAN kertas tadi dan beri tanda pada angka 15 dan beri tanda (-/+) yang artinya waktu penyinaran hampir mencukupi.

Eksperimen Ke tiga

Lakukan kembali pengafdrukan seperti di atas dan beri waktu penyinaran selama 20 menit.

Lakukan pengamatan seperti saat eksperimen sebelumnya.

Apabila ternyata setelah dilakukan penyiraman hasil yang didapat adalah sbb:

  1. Ada bayangan terlihat pada bahan screen
  2. Saat pengembangan dengan menyiram air, bayangan terlihat lebih jelas.
  3. Saat pengembangan lebih lanjut dengan menggunakan spray gun / semprotanternyata gambar yang sudah timbul tidak mudah tembus atau susah dibuka.

Dari hasil di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa waktu penyinaran yang diberikan ternyata terlalu lama, sehingga gambar yang ingin dibuka susah untuk ditembus dengan spray gun.

Wah capai juga yah jika gagal terus?

Sabar boss, ingat kegagalan adalah kunci sukses untuk mencapai keberhasilan.

Ambil kembali CATATAN yang tadi dan beri tanda pada angka 20 dengan tanda (+) yang berarti waktu penyinaran kelebihan/ terlalu lama.

Nah kini beri tanda titik lagi tepat ditengah antara angka 15 dan 20. Beri angka 17,5.

Garis Waktu Ke tiga

Garis Waktu Ke tiga

Keberhasilan.

Mungkin anda berpikir, “Wah gagal lagi gak neh???”

Tenang yang ini pasti berhasil boss.

Kenapa bisa saya yakin kalau ini berhasil? Karena dari pengalaman saat melakukan penyinaran 15 menit gambar sudah mulai terbuka namun akhirnya gambar yang timbul akhirnya rontok karena penyemprotan dengan menggunakan spray gun. Sedangkan, saat waktu penyinaran yang 20 menit ternyata gagal karena gambar tidak bisa dibuka. Kesimpulannya, anda harus menyesuaikan waktu penyinaran di antara 15 dan 20 menit.

Catatan:

Ini adalah ilustrasi dimana penempatan waktu bisa anda atur sendiri antara satuan menit atau puluhan menit, karena setiap penyinaran yang tepat itu tergantung dari beberapa faktor yang ikut mempengaruhinya, seperti yang saya jelaskan pada paragraf di awal artikel ini. Mengenai penjelasan lebih rinci dan rekomendasi tentang ke lima faktor tersebut di atas, kami akan bahas di tulisan mendatang. Jadi jangan lupa untuk sering-sering mengunjungi blog kami.

Mudah-mudahan pelajaran ini dapat bermanfaat bagi anda. Bila ada pertanyaan, silakan hubungi kami melalui komentar atau email.

Selamat mencoba.

189 thoughts on “Cara Menentukan Waktu Penyinaran Afdruk

  1. Farchan

    Salam pak Dani

    Saya baru belajar usaha sablon. Dan sudah ada kendala saat afdruk. Saya menggunakan matahari. Obat afdruk photoxol dan screen T55. Desain saya print di hvs. Dan sudah saya lumuri minyak untuk ditempelkan di screen. Waktu penyinaran yang sudah saya praktekkan adalah 10, 12,15,17,20 dan 25 detik. Kendalanya mulai dari 10 hingga 25 detik gambar afdruk yang discreen tidak mau terbuka meskipun saya sudah pakai spray gun sampai semprotan cuci mobil bertekanan tinggi. Solusinya bagaimana ya pak? Terima kasih.

    1. Pak DaniPak Dani Post author

      Kalau dibaca dari penjelasannya sepertinya ada bagian yang terlewatkan saat prores peng afdrukan.

      Pertanyaan saya untuk awal adalah;
      1. apakah saat melakukan pengolesan obat afdruk diruang terang/ tidak redup?
      2. proses pengeringan obat afdruknya bagaimana? dengan alat pengering? atau diangin angin?
      bila diangin angin apakah ditempat cukup cahaya atau ruang gelap?

      Coba dijawab terlebih dahulu.

      1. Farchan

        Salam pak Dani

        Sudah terkoreksi dan berhasil. Setelah saya baca lagi seluruh postingan bapak yang berhubungan dengan afdruk film dan setelah 9x gagal sejak 2 hari lalu, siang ini akhirnya film saya sukses terbuka dengan rapih dan sempurna 🙂

        Ternyata kesalahan saya adalah saat pencampuran obat afdruk dimana komposisinya tidak pas antara botol besar dan kecil. Yang seharusnya setelah dicampur berwarna ungu, sebelumnya saya campur jadinya coklat pekat. Untuk tahapan lain sudah sesuai petunjuk pak Dani : ruang tertutup dan saya keringkan dengan heat gun.

        Sekarang malah muncul kendala baru pak yang saya ga bisa dapatkan jawaban dari postingan lama pak Dani : hasil sablon saya luber tidak rapih setelah diangkat frame nya (dalam artian ketika diangkat tinta seperti tumpah merembet keluar dari garis). Saya gunakan tinta White KN (sesuai stiker yang ada di plastik tintanya) dan penguat tinta (warna putih encer seperti susu sapi). Dan kekentalan juga sudah saya coba dari komposisi 5:1 6:1 dan 10:1 (skala takaran adalah 1 sendok makan). Mungkin ada petunjuk pak?

        Catatan tambahan : film saya sudah terbuka rapih tidak ada yang buntu saya cek menggunakan senter

        Terima kasih

        1. Pak DaniPak Dani Post author

          Bagus tidak patah arang hingga bisa berhasil mengafdruk.

          Untuk tinta jadi meluber juga ada banyak faktor penyebab, mulai dari kerapatan screen yang digunakan dengan keenceran tinta yang digunakan. Bisa juga saat penggesutan yang kurang benar, ataupun berapa kali menggesut juga bisa menyebabkan meluber. Harus dilihat satu persatu.

          Ayo, KAMU pasti BISA !!!!

  2. Farchan

    Salam pak Dani. Saya baru belajar usaha sablon. Dan sudah ada kendala saat afdruk film : gambar tidak mau terbuka saat disemprot dengan spray gun.

    Saya menggunakan obat afdruk photoxol (berdasar rekomendasi toko sablon tempat saya membeli peelengkapan belajar sablon). Dan menggunakan cara afdruk dengan matahari. Saya sudah coba beberapa kali waktu penyinaran 10, 12,15,20 dan terakhir 25 detik. Gambar sudah menempel di screen tapi saat saya semprot dengan spray gun tidak mau terbuka juga. Padahal menurut ilmu yang saya dapat dari youtube dan internet biasanya jika menggunakan matahari hanya butuh maksimal 12 detik penyinaran. Jika berkenan bisa memberi solusi pak. Terima kasih.

  3. Karya ananda

    Wah mantap pa dani.tulisan sangat bermanpaat bagi rekan rekan yg sedang mempelajari tentang bagai mana cara nya nyablon yang baik dan benar.termaksud saya pa.dan ber bagi ilmu apa itu afdruk.ok bravo pa dani sher trus ilmu nya.the best pa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Translate »