Katalis untuk Screen Printing: Aditif Perekatan Tinta Sablon

Katalis (Catalyst) dalam dunia percetakan sablon / screen printing adalah suatu aditif (bahan tambahan) untuk memperkuat tingkat perekatan tinta pada permukaan bahan yang disablon.

Untuk ulasan kali ini, kita membahas tentang permukaan bahan yang perlu tambahan katalis. Misalnya: rubber silicon, gelas kaca, metal, aluminium, tas, payung, jaket atau jas hujan dengan bahan nylon.

Kami sering menerima pertanyaan dari sabloners, “Mengapa hasil sablonan pada bahan tersebut cepat luruh (rontok) ?” Jawaban kami biasanya berkisar pada tinta yang mereka pakai dan apakah sudah sesuai / senyawa dengan bahan yang hendak disablon tersebut. Bila pilihan tintanya sudah tepat, maka kami sarankan adanya penambahan katalis sebelum tinta tersebut dipakai untuk menyablon.

Tentunya, sebelum produksi massal, sabloners hendaklah melakukan tes cetak pada bahan yang akan digunakan.

Cara Pemakaian:

Anda harus mencampur katalis dan tinta di wadah yang berbeda dari wadah tinta maupun wadah katalis. Aduk rata sebelum pemakaian.

Perlu diingat bahwa setelah katalis dicampur dengan tinta cetak, campuran tinta memiliki kehidupan dari sekitar enam sampai delapan jam. (Tergantung jenis katalis yang digunakan) Pastikan bahwa anda hanya mencampur cukup tinta untuk digunakan pada pekerjaan sablon dalam satu sesi.

Campuran tersebut di atas adalah layak pakai selama masih bisa dituang ke atas skrin. Akan tetapi jika campuran tersebut sudah mengkristal dan mengeras, maka tidak lagi layak digunakan.

Bila anda memerlukan katalis untuk kebutuhan sablon anda, silakan hubungi kami melalui telepon (0838) 0888-4500 atau (0815) 200-8944

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Bila ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini atau gunakan fasilitas kontak kami. Jika anda suka artikel ini, bagikan pengetahuan ini pada keluarga dan kerabat anda melalui kanal media sosial atau surel.

 

Yuk bagi ilmu & info:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone
Tagged on:

Translate »