Pasta Rubber Pasta Karet Cepat Kering

Pasta rubber / pasta karet cepat sekali kering di screen kenapa ya?

Ini adalah pertanyaan yang cukup sering kami dapatkan bagi para sabloners pemula.

Yang dibilang cepat sekali kering sehingga membuat lubang screen tertutup oleh tinta yang mengering di lubang screen memang cukup menyebalkan bagi seorang pemula, namun tetap juga berlaku bagi yang sudah pengalaman dalam menyablon.

hasil sablon rontok 04, tinta pasta karet cepat kering

Disini kami akan perjelas terlebih dahulu tinta rubber/tinta karet yang bisa diberi gelar “cepat kering di kain screen sehingga lubang screen jadi mampat” itu yang seperti apa sih?

  • tinta yang akan mengering dalam waktu 1 detik kah?
  • tinta yang akan mengering dalam waktu 10 detik kah?
  • tinta yang akan mengering dalam waktu 20 detik kah?
  • tinta yang akan mengering dalam waktu 30 detik kah?
  • tinta yang akan mengering dalam waktu 1 menit kah?
  • tinta yang akan mengering dalam waktu 5 menit kah? atau lebih dari itu?

Jawaban yang tepat adalah RELATIF 🙂

Koq bisa relatif? Ya tentu saja, tergantung juga dari kita menggunakan nomor kain screen berapa? Semakin rapat screen maka semakin terasa cepat mampat di lubang screennya.

Sekarang kita umpamakan saja menggunakan kain screen 61T:

  • si A dalam menyablon dalam waktu 1 menit dapat menyablon 4 kaos
  • si B dalam menyablon dalam 1 menit dapat menyablon 6 kaos
  • sementara si C dalam 1 menit dapat menyablon 2 kaos

Menurut pembaca, siapa kira-kira yang lebih dahulu lubang screennya mampat setelah menyablon beberapa lama, si A atau si B atau si C?

Tepat sekali, jawabannya adalah si C yang lebih dahulu lubang screennya mampat.

Mengapa bisa demikian, padahal antara A, B dan C menggunakan no screen yang sama bahkan dengan tinta yang sama pula, tapi si C lebih cepat mampat lubang screennya? Kalau pembaca membaca dan menyingkapi  dengan teliti tentu jawabanya sudah bisa didapat bukan? 🙂

Bagi pembaca yang belum mengerti juga ini jawabannya;

Karena si C disaat menyablon waktu yang dibutuhkan sedikit lebih lama, dan ini menjadi salah satu faktor mengapa screen jadi cepat mampat, karena jeda waktu antara sablonan 1 dan sablonan ke 2 membutuhkan waktu 30 detik dan waktu ini akan menjadi cukup waktu tinta menjadi kering pada lubang screen.

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk memperlambat tinta karet agar tidak cepat kering adalah dengan menambahkan cairan pelambat seperti printol.

Yuk bagi ilmu & info:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

22 thoughts on “Pasta Rubber Pasta Karet Cepat Kering

  1. erik

    maaf pak saya pemula skali mau nanya pak, tinta rubber jenis apa ya yang cocok untuk kaos cutton combat 30s, makasih pak

  2. wm

    Punya. Saya pakai screen t48. Terus tinta rubber matsui netral di sablon di kaos combad 30s kenapa hasilnya malah samar samar (ada yang ngeblok dan ada yang bintik bintik )padahl proses afdruk sudah baik dan benar mohon penverahanya

  3. wawan

    mau tanya pak dani..apakah ada cairan yg bisa digunakan agar tinta rubber tidak mengering pada cetakan??..cetakannya tidak mampet tapi tintanya kering di sekitarnya..

  4. chicu

    Hallo mas Dani saya mau tanya niih saya mau sablon plastik kresek klo tinta nya pkai merk TOYO. 8112 bisa ga trus klo screen nya pkai T165 gmna yaa? Mslah nya klo hasil sablonan saya kluar tinta nya ga merata..jdi ada tulusan yg saya sblon ga bgus hasil nya

  5. welly

    pak dani , kenapa tinta plastisol yg saya pakai selalu retak? apa karena proses pengeringan nya kah?

  6. Muammar

    Pak Dani saya mau nanya..

    untuk cairan printol perbandingan pencampurannya dengan tinta berapa ya ? dan kira2 dengan cairan printol tersebut berapa lambat waktu yg saya dapatkan untuk berganti sablonan selanjutnya jika memang tanpa printol 30 detik ? dan bagaimana untuk mencetak 50 kaos sekaligus dengan katakter rubber yg cepat mengering ? maaf banyak nanya Pak Dani.. saya Pemula Sangat..

    1. Pak Dani Post author

      perhitungannya tidak saklek kaya matematika yang 1 + 1 sudah pasti jawabannya 2 🙂 he.he.he….

      dengan penambahan printol sudah dipastikan akan memperlambat pengeringan dilubang screen namun juga tidak mungkin bila 1 tetes memperlambat 1 menit lalu anda menginginkan lambat 5 menit lalu anda tambah 5 tetes seperti ini. Penambahan atau pemakaian printol yang berlebih juga tidak bagus untuk hasil akhirnya.

      jadi gunakan seperlunya tanpa berlebih, karena penyebab cepat kering banyak faktornya.

  7. hendrik

    Mau tanya pa dani sebab saya baru ..screen 48 bisa digunakan utk masalah judul yg ssng di bahas pa.?


Translate »