Pertanyaan Minggu Ini: Mencampur Rubber Colour dengan Pigment Warna

Pertanyaan minggu ini yang akan kami fiturkan adalah tentang cara mencampur tinta Rubber Colour dengan Pigment/pigmen warna

Semoga jawaban yang kami berikan juga dapat memperluas pengetahuan pembaca lainnya.

Pertanyaan pembaca:

“Saya mencampur tinta Rubber Colour (tinta karet warna) dengan pigment warna. Misalnya, saya mencampur dengan pigment biru tua, akan tetapi hasilnya menjadi warna biru muda. Bagaimana seharusnya saya mencampur pigment warna agar hasilnya tetap biru tua?

 

Rubber Colour R270

Rubber Colour R270


Jawaban Kami:
Bila anda membeli tinta Rubber Colour yang berkualitas bagus, maka seharusnya pigment yang anda campur tidak akan menghasilkan warna yang muda.

Akan tetapi anda perlu memperhatikan perbandingan antara tinta Rubber Colour dan pigmentnya. Tidak ada rumusan yang eksakta, karena tergantung dari warna yang anda butuhkan.

Contohnya, anda dapat mencoba dengan perbandingan 50 grm tinta Rubber Colour dengan 20grm pigment warna. Bila hasil campurannya kurang tua warnanya, maka anda perlu menambah pigmentnya sedikit demi sedikit dan aduk rata sampai anda mendapatkan warna yang diinginkan.

Catatan: Tinta Rubber Super White bila dicampur dengan pigment warna akan menghasilkan warna yang muda dan tidak akan pernah bisa menjadi warna seperti warna pigmen tersebut. Contoh : bila rubber white dicampur dengan pigmen hitam maka warna yang akan didapat adalah abu abu saja dan tidak akan pernah menjadi hitam. Atau rubber white dicampur dengan pigmen merah maka warna yang akan didapat adalah selalu pink muda.

Namun bila Rubber Colour dicampur dengan warna hitam atau merah maka akan bisa menghasilkan warna seperti warna pigmen tersebut.

Sebagai ilustrasi kami ambil contoh dengan warna magenta, yang kebetulan kami sedang meracik pesanan pelanggan kami seperti dibawah ini.

tinta rubber colour dicampur dengan magenta 100grm

  mencampur warna sablon a  

 aduk terlebih dahulu sampai merata  

mencampur warna sablon b

setelah merata seperti ini apakah ini yang di inginkan? bila tidak maka bisa tambahkan lagi pigmennya lagi.

mencampur warna sablon c

penambahan pigmen pada rubber colour sebanyak 100grm lagi. Aduk kembali sampai merata betul.

mencampur warna sablon d

Aduk hingga rata sampai menjadi warna yang diinginkan.

mencampur warna sablon e

pigmen 100 grm                    pigmen 200grm

mencampur warna sablon c     mencampur warna sablon e

 

 

Semoga jawaban kami membantu anda. Selamat berkreasi!

Bila anda membutuhkan tinta Rubber Colour atau tinta Rubber Super White, jangan lupa untuk mengorder dari kami.

Yuk bagi ilmu & info:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

39 thoughts on “Pertanyaan Minggu Ini: Mencampur Rubber Colour dengan Pigment Warna

  1. Suandi

    Sebenarnya pingin banget belanja di Toko Dani. Tapi terkadang agak repot jg utk nanya melulu harga brg yg pingin sy beli. Seandainya sdh ada toko online seperti di bukalapak atau tokopedia akan jauh lbh memudahkan.

  2. anteupkeun

    bang misi numpang nnya nih saya kan pemula nih blm terlalu paham ngoplos warna ? saya mau nnya kalo rubber colour biar jadi warna hitam gelap itu di campur sama pigmen yg warna apa ya ? saya udah coba semua cuman ttep gak jadi warna hitam gelap ? tolong bantu ya ? terimakasi

  3. Ifin slow

    Bang dani..ane mau tanya. Sablon apa yang tintanya menyatuh dibahan shingga hasilnya tipis sprti kaosnya?
    saya menemukan ada dikaos saya beli

  4. entong

    om dani sy mao tanyak nich….ap bisa.cat pigmen(BIANG CAT) dicampur dgn medium transfaran,om.mhn penjelas`nya ya om thx……

  5. Rheza Abdillah

    Om mau nanya klu campuran tinta yang meresap untuk kain apa yah?? terus saya mau
    order tinta R.W R440 satu kg sama R.C R270 satu kg bisa nggak kirim k makassar

  6. miko

    mas saya pemula neh.
    kemarin mencampur rubber colour dengan pigmen warna hitam. tp setelah diaduk kok semakin mengental. lebih kental dari susu kental manis. trus saya sablon beberapa kali langsung mampet. saya pakai T36.
    apa ada bahan lagi yg dicampurkan selain rubber colour dan pigemen warna supaya tidak kental banget?
    mohon bantuan nya mas Dani
    terimakasih

  7. teguh

    mas dani untuk kekentalan rubbernya kyk mana ya mas, saya buat sprti susu kental hasilnya halus jg lembut tapi tembus, saya buat agak sprti permen karet rubbernya tpi mudah sumbat jg hasilnya kyk cat tembok kaku screen yg saya gunakan T32 mas. mohon pencerahannya mas.

    1. tokodani

      jawabannya seperti yang mas tegus katakan yaitu seperti susu kental, untuk masalah tembus itu disebabkan karena tekanan sablonnya saja.

  8. rizal

    Mas dan saya mau tanya tentang cara nyablon plastisol,,,, tolong diberi tautan yg langsung menuju dengan apa yg mau saya tanyakan. Trimakasih mas dan,,,,, 🙂

  9. najib demak

    Salam hormat pak. Mau nanya. Saya nyablon jaket kok hasilnya kasar ya. Pdahal pake matsui yg mhal. Agar halus gmna cranya? Trmksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Translate »