Memilih Ukuran Rangka Yang Tepat part 1

Kami sering mendapat pertanyaan (biasanya dari para penyablon baru) tentang cara memilih ukuran rangka yang tepat untuk menyablon suatu proyek (sablon kaos, sablon plastik, dlsb).

Bagi sabloners tingkat awal, pertanyaan seperti ini dapat dimaklumi karena penyablon tidak mau membeli rangka yang terlalu kecil maupun terlalu besar.
Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman, kita akan dapat menentukan ukuran rangka sablon yang tepat untuk berbagai proyek.

Salah satu  faktor yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Besarnya gambar yang hendak disablon, P x L
  2. Besarnya bidang cetak yang hendak disablon P x L

Pada artikel ini kita akan sedikit menjelaskan farkor yang pertama.

Sering kali seorang pemula akan memilih ukuran frame yang seefisien mungkin dengan gambar yang ada, hal ini baik untuk menghemat biaya pengeluaran namun tentu disaat proses kerja akan mendapat banyak sekali hambatan yang dihadapi, dan hal yang akan dihadapi antara lain

  1. Saat pengafdrukan yang kurang baik.
  2. Hasil sablon yang kurang baik pula.

Mengapa hasil pengafdrukan jadi kurang baik?

Ini disebabkan gambar cetakan yang terlalu mepet pada frame/bingkai rangka sablon dan tentu akan berimbas pula pada hasil cetakan sablon yang kurang maksimal tentunya. Hal selanjutnya adalah tidak adanya ruang yang cukup untuk menaruh tinta sablon sehingga kemungkinan terbesar adalah tinta yang akan jatuh pada gambar sablon sebelum waktunya. Sebagai ilustrasi bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

pemilihan screen 003a

Keterangan ;

A  Dimana saat menaruh tinta biru maka tinta akan mengenai bidang cetak yang berwarna kuning.

B Disaat penyablonan maka tinta akan bergerak ke arah B dan sisa tinta yang lebih akan kembali menutupi bidang cetak dibawahnya.

Bisa anda bayangkan hasil cetak akhirnya bukan?

 

Untuk menghindari hal seperti diatas maka perlu pemilihan ukuran bingkai frame yang baik bukan?

Tips yang termudah adalah;

  1. Ukur P x L  gambar yang hendak disablon
  2. Tambahkan P x L tersebut sebesar 5 cm – 10 cm

Contoh Ilustrasi: 

gambar yang akan disablon adalah 12 cm x 22 cm, maka kita tambahkan 5 cm P x L nya, menjadi 17 cm x 27 cm. Nah setelah kita mengetahui area terbaik adalah 17 cm x 27 cm maka kita bisa dengan mudah memilih ukuran bingkai screennya adalah 20 x 30 cm

Mudah bukan? 🙂

 

                     SALAH                                       BENAR

pemilihan screen 002a        pemilihan screen 001a

 

 

Yuk bagi ilmu & info:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

2 thoughts on “Memilih Ukuran Rangka Yang Tepat part 1

  1. ahmad fadli yunus

    perkenalkan saya fadli dr makassar. sy penyablon pemula. saya mau bertanya. sy mau hasil sablon sy timbul. jadi saya pake rubber campur foamink ink dgn komposisi 3:1. tp sy tdk tau cara curing nya dgn setrika. kebetulan blm pake mesin press. jadi tolong pencerahannya. sy sempat coba curing tp hasilnya gk rata . makasih

    1. Pak Dani

      pertanyaannya bagus, namun sayang anda tidak bertanya pada artikel yang sesuai dengan pertanyaan anda, maka kami tidak akan menjawabnya.


Translate »