Emulsifier: Bahan Pengental Tinta Sablon

Rubber Colour R270

Tinta Rubber Warna

Sabloner sering kali mendapatkan tinta rubber white atau tinta rubber warna atau medium extender yang bila dicampur dengan pewarna atau pigmen menjadi encer? Atau bahkan lebih ekstrim lagi tintanyapun tidak terlalu kental sebelum dicampur dengan bahan pewarna atau pigmen?

Tentunya ini menjadi suatu kendala tersendiri saat penyablonan, terlebih lagi bila screen yang dimiliki tidak terlalu halus lubang kain kasanya. Hal seperti ini akan mengakibatkan hasil sablonan yang bisa meleber karena tinta yang terlalu encer, (encer disini bukan berarti encer seperti air) melainkan kekentalan atau biasa disebut viscosity yang kurang.

Kalau pembaca masih kurang paham bisa saya perumpamakan sebuah kecap manis, anda tahu seberapa kentalnya itu kecap manis yang ada di rumah anda? Atau pernahkah anda membeli jajanan di luar rumah dan mendapatkan kecap manis yang lebih encer? Saya yakin anda semua pernah mendapatkan pengalaman seperti ini tentunya 😀

OK sekarang kita tidak akan membahas kecap manis yang berbeda tersebut tentunya karena anda tidak mempersoalkan tentunya, tapi anda setidaknya sudah mengerti yang saya maksud. Tapi untuk masalah tinta hemmmm… tentu lain ceritanya bukan….?

Kembali ke topik asal, seperti yang saya tulis sebelumnya mengenai kekentalan dari masing masing merk tinta yang ada pastinya kekentalannya bermacam-macam dan tentunya bukan berarti tinta yang encer lebih jelek mutunya atau sebaliknya tapi bagaimana anda menghadapi situasi dimana anda menginginkan kekentalan tinta tersebut sesuai kebutuhan.

Tinta yang terlalu encer atau tinta yang menjadi lebih encer karena tambahan pewarna tentu masih bisa dikentalkan lagi dengan menggunakan bahan emulsifier ( baca: E-Mul-Si-Fayer) sebagai bahan pengentalnya, cukup ditambahkan bahan emulsifier ini ke tintanya maka tinta tersebut akan lebih kental dari sebelumnya.

Yang perlu diperhatikan adalah saat menambahkan bahan emulsifier ini jangan main asal tuang saja, tapi ditambahkan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata kurang lebih 1-3 menit bila dirasa masih belum ada perubahan menjadi lebih kental maka kembali ditambahkan lagi sedikit demi sedikit sampai tinta tersebut berubah menjadi lebih kental.

Penambahan emulsifier tidak akan mempengaruhi warna, namun bila penambahan berlebih maka tinta akan terlalu kental sekali dan tentu akan menyulitkan untuk penyablonannya.

Bahan emulsifier berbentuk liquid/cair, dan tidak berwarna atau bening, ada kalanya sedikit warna keputihan / transparant, tidak berbau menyengat, terasa sedikit licin di tangan.

Bahan emulsifier biasa digunakan untuk pengental semua tinta yang berbasis air, seperti tinta sablon, cat tembok, cat air dll.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan ilmu sablon anda. Bila anda membutuhkan emulsifier, silakan hubungi kami melalui telepon ataupun email melalui fasilitas kontak kami.

Yuk bagi ilmu & info:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

31 thoughts on “Emulsifier: Bahan Pengental Tinta Sablon

  1. ide

    Mas rubber merek apa yang bagus karena klaw d bandingkan ada beberapa yang elastis dan daya rekatnya juga baik ( klw bisa rekomendasi merek produknya mas). selain itu daftar harga rubber dan rubber white di toko dani juga mas.

  2. Hana

    agan, mau tanya nih.
    klo tinta superwhite apa perlu pakai emulsifier?

    saya pake matsui superwhite w-o116
    saya tmbhin pigmen hitam, sablon di atas kaos putih, T77
    tpi kenapa tintanya encer ya gan? bisa mbleber gtu.

    cara sablon superwhite itu bagaimana ya?
    apa ada teknik khusus? atau bahan lain yang harus saya pakai?
    trims 😀

    1. Pak Dani

      boleh saja superwhite dicampur dengan emulsifier bila dirasa perlu, tidak ada masalah.

      tintanya menjadi encer dikarenakan dicampur pigmen warna hitam tadi kan mas, makanya jadi lebih encer 🙂
      Untuk itu diperlukan elmusifier untuk mengembalikan supaya kental kembali.

      cara sablon ya biasa saja tidak beda dengan sablon dengan pasta yang lainmas.

  3. hamim

    kang dani . mau nanya . tinta rubber r440 saya keenceran sepertinya . itu mempengaruhi hasil sablonan tidak . soalnya biasanya saya 1x gesut udah kereng . tapi ini mah kurang tebal hasilnya gak kya biasa gitu . Padahal ga saya tanbahin pigmen ..mohon prncerahan . nd pm harga emulsi nya kang barangkali tinta saya memang butuh diberi emulsifier. thx kang

    1. Pak Dani

      karena R440 bahannya lembut maka terlihat seperti agak encer, bila ingin agak kental bisa diberi bahan pengental sedikit/secukupnya.

  4. bambang

    Bang, berapa harga emulsifernya,,,,,, untuk satu botolnya itu kira2 buat berapa kilo rubber,,,?
    kalau bisa tlong skalian mnta list harga rubber sama bubuk oddoe W,,,,,,, DITUNGGU KONFIRMASINNYA BANG,,,,, !

  5. muhlisin

    gan numpang nanya, saya bei screen 2 x yang petama ada cat warna merah dan yang kedua ada warna cat kuning, itu ada bedanya apa gak gan?
    minta dafar harga tinta rubber dan juga di pakai untuk jenis kain apa?

  6. faisal rizkan

    mas, bisa kirimkan daftar harga semua cat sablon? terutama yg rubber dan superwhite.
    apakah pengirimannya ada minimum beratnya? saya di palangkaraya kalimantan tengah.trims

  7. basori

    mas ..mau tanya misalya mau sablon bendera seprti partai. pakai screen ukuran berapa dan yg di gunakn tinta jenis apa

    1. tokodani

      pakai screen 77 utk bahan kain putih, pakai 61 utk bahan kain warna dan tinta medium atau pasta.

  8. jaka

    om saya mau tanya, kalo sablon rubber 1warna 4X gesut tetapi gesutan pertama dikeringkan dulu, lanjut ditimpa gesutan kedua dikeringkan, dan seterusnya sampai 4X timpa. trs sablon terakhir rubber coating transparant. finishing dikeringkan make uap panas LPG tp tdk trlalu dekat ke api cuma uapnya aja smpai kering merata luar dlm. trs terakhir di setrika, beralas keramik tp sablon hadap ke kramik jadi yg disetrika baliknya aja.

    apakah tahapan/trik sablon versi saya bisa menghasilkan kualitas sablon yg awet?

  9. taufik nurmansyah

    kang dani mau tanya kalo buat nyablon switer sebaiknya menggunakan scren nomer berapa?terus rubbernya encer apa kental…terimakasih

  10. Fajar

    Mas untuk tinta cmyk ada yg udh jadi warna apa kita mix sendiri yah?
    Cz pernah coba kita mix sendiri…warnanya ada yg ketuaan ada yg kurang tua….


Translate »