Pengaruh Suhu Terhadap Kestabilan Warna

Pernah mengalami warna dari hasil cetakan yang sama berubah warnanya?

Pengalaman ini pasti pernah dialami oleh beberapa sabloners, terutama yang mencetak pada warna warna soft tapi tidak terkecuali juga pada warna warna solid juga.

Kami uraikan sedikit mengenai cerita seorang pelanggan kami yang mengalami hal ini.

Untuk mendapatkan warna yang selalu konstan salah satunya tentu dibutuhkan ruang suhu kerja yang stabil, tidak pada ruang terbuka yang mana suhu ruang kerja akan terus berubah seiring dengan kelembapan udara yang ada.

termometer ruang

image courtesy of openclipart.org

Tentunya kita sering mengalami disaat menyablon terkadang tubuh kita terasa panas dan penat namun terkadang terasa sejuk dan dingin terlebih disaat turun hujan yang terus menerus.

Namun bila kita bekerja pada ruang kerja yang bersuhu stabil tentunya hal ini akan membantu pada kestabilan warna yang dicetak.

Hal ini terasa sepele bagi beberapa kalangan namun bila mendapat konsumen yang perfeksionis terlebih orang asing lebih baik anda tolak orderan mereka selama Anda masih menyepelekan ruang kerja anda yang tidak stabil.

Lalu bagaimana mengetahui ruang suhu yang stabil?
Tentunya kita harus memiliki sebuah alat thermometer yang akurat seperti thermometer digital yang memiliki kelebihan melihat tingkat suhu sampai desimal tentunya.

Apakah wajib kita memiliki alat tersebut? tentu tidak 100%, terkecuali anda memiliki dana lebih oklah membelinya, justru yang dibutuhkan kestabilan dari suhu ruang tersebut, bila ruangan anda memiliki suhu yang selalu berubah bisa diatasi dengan menggunakan AC yang sudah cukup mumpuni mengatur suhu ruang tersebut.

Jadi bila ingin menaikkan kualitas yang lebih dari yang sudah ada maka perlu anda perhatikan hal seperti ini.

 

Salam

tokodani.com

 

Yuk bagi ilmu & info:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

4 thoughts on “Pengaruh Suhu Terhadap Kestabilan Warna

  1. Jodie

    Mas Dani, saya baru belajar nyablon efek emas menggunakan Tinta Medium GB+bubuk emas,.. Waktu dicampur memang berwarna emas tapi kenapa jika didiamkan beberapa menit,.warna tinta berubah menjadi emas kehijau-hijauan? ( *labil kayak 4l4y gitulah!) Ini pengaruh suhu atau campuran tinta yang salah ya?
    Thanx ya Mas Dani. 🙂


Translate »