Plastisol

Kali ini kita bahas sedikit mengenai bahan plastisol sebagai bahan tinta untuk menyablon pada kaos.

Plastisol
Plastisol adalah tinta yang digunakan untuk Sablon pada bahan kaos atau t-shirt. Hal ini mudah digunakan karena pada dasarnya berbahan plastik. Untuk lebih spesifik, itu terbuat dari polyvinyl chloride (PVC) dan partikel dan plasticizer. Plastisol dibuat melalui kombinasi dengan plasticizer, yang merupakan aditif yang bercampur secara merata.

Keuntungan menggunakan Plastisol :
1.  Plastisol lebih mudah digunakan daripada tinta berbasis air seperti pasta maupun cat karet. Hal yang menyenangkan dalam menggunakan plastisol adalah tidak adanya permasalahan tinta yang dapat menyumbat pori pori kain screen/monyl dan tentunya lebih mempersingkat waktu kerja kita dengan menghilangkan waktu kerja saat pembersihan screen saat screen/monyl mampat seperti yang biasa kita alami bila menggunakan cat pasta maupun cat pasta karet.

2. Tinta lebih pekat/opaq sehingga masalah menyablon pada bahan kaos/kain berwarna gelap tidak terkendala lagi.

3. Daya Lentur yang cukup tinggi sehingga elastisitas dari bahan Plastisol ini tidak mudah pecah, rontok maupun retak.

Proses pengeringan:
Pada proses pengeringan perlu diperhatikan tingkat suhu yang diharuskan supaya tinta plastisol dapat mengering dipermukaan bahan dengan sempurna. Tingkat suhu yang di butuhkan kisaran 1700 C – 180o C

Alat Pengering
Heatgun, heatpress atau oven

 

Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi sabloners semua.

 

kaos plastisol 02kaos plastisol 01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ilustrasi/Gambar kaos adalah design Nancy Strackbain,  printing saat pameran percetakan demo produk mesin rotary.

 

213 thoughts on “Plastisol

    1. tokodanitokodani Post author

      Pakai strikaan kurang maksimal, karena butuh 170 – 180 derajat celcius, sementara panas strikaan max 90 – 120 derajat saja.
      screen yang digunakan antara 90 – 25 T

  1. nunu

    Mas klo plastisol gitu baunya tajem banget ga mas?? Soalnya saya nyablon didlm kamar?? Trus klo dikaos gelap butuh dasar putih lg ga??

    1. tokodanitokodani Post author

      Jenis tinta apapun pasti ada ciri khas baunya, tapi kadar menyengat yang berbeda demikian pula dengan plastisol tetap ada baunya, aroma baunya tidak begitu menyengat dibanding tinta pvc yang berbahan minyak seperti m3 ataupun m4.
      Sebaiknya tidak menyablon didalam kamar.

  2. luth

    Om minta harga plastisol, zet sparay sama afdruk merk ulano ke email ane om,..
    trus klo plastisol biar lebih mengkilap pake apa om???

      1. epen

        gan saya masih baru nih dibidang sablon…
        boleh saya minta price list harga semua jenis tinta sablon? trus cara pemesanannya bagaimana? dan agan biasanya pake jasa pengirimana apa kalau keluar kota..?

        ditunggu infonya gan..

        1. tokodanitokodani Post author

          silahkan cek inbox gan.

          pemesanan tinggal di email saja apa yang mau dipesan, sertakan pula alamat pengirimannya.
          untuk expedisi banyak ekspedisi, jadi tergantung tujuan pengiriman saja.
          bila anda memiliki ekspedisi sendiri bisa sertakan di email alamat dan no tlp di jakartanya.

  3. arip

    maaf pak, Q mau nanya, kl utk hapus plastisol yg dah di sablon pake apa pak ya, dan Q kainnya pake neo print, jd misal Q kasi tiner neoprintnya ikut lepas drsponnya,

    tlg bimbingannya pak ya, trimakasih

    1. tokodanitokodani Post author

      coba tanya ke penjualnya mas arip, tapi biasanya kalau sudah tercetak pada bahan tentu lebih susah dihapus, andaikan bisa dihapus tetap akan terlihat cacatnya.

    1. tokodanitokodani Post author

      perbandingannya plastisol 1kg terpentin 300ml
      bebas mau dikaos warna apa saja bisa, asalkan bukan kaos hijet.

  4. bambang

    Om Dani… sy mau nyoba usaha sablon di mataram NTB. Bisa ngga mnt tolong daftar hrg yg lengkap utk :
    1. Meja/alat sablon (paket lengkap) yg presisi utk separasi biar hslnya bagus.
    2. Cat utk separasi yg hslnya di kaos lembut utk kaos wrna GELAP dan terang.
    3. Harga cat : emas, glow in the dark, foam n plastisol.
    4. Harga setting utk buat film yg siap cetak brp? Hitungannya bgm?
    5. Mohon info ukuran screen yg di pake utk nyablon sparasi dan nyablon lainnya…biar hslnya bagus..gus..gus..
    Mohon sy di bantu. Terima kasih.

  5. Al sablon

    Maaf mas dani..
    Saya uda ckup lma brkecimpung di dunia sablon,dan ingin mencoba pkai tinta plastisol,.krna slama ini hnya memakai cat rubber saja..itu jg dgn hasil yg kurang maksimal..

    Yg mau saya tnyakan itu,
    1.brp modal paling minim untuk sablon plastisol?
    2.untuk heat gun apa hrus pkai yg brmerek?krna stau sya ada jg dgn hrga 300rb-an
    3.brp harga cat plastisol dan obat afdruk nya.dan jg ruber dan afdruknya.yg bisa dapat hasil maksimal
    4.obat afdruk apa yg bagus?krna sya mmakai b**m*l tex.
    5.apa mas dani menjual skreen mteran?brp hrganya?krna saya slalu buat sndri rangka nya untk mnkan biaya mas.dan mnta tips nya..

    Sekian dari saya,maaf trlalu bnyak prtanyaan.krna sya mrasa gak maju2 di dunia sablon..mgkin bnyak jg yg sprti saya dluar sana,terima kasih mas dani.jaya selalu

    1. tokodanitokodani Post author

      modal minim untuk plastisol kisaran 1 jutaan lah pak, baik tinta maupun pengeringnya juga.

      heatgun memang tidak perlu yang terlalu mahal, yang murahnya juga ada, tapi kembali pada konsumen sendiri,
      ada harga tentu ada kualitas, tapi tidak jaminan yang mahal itu yang terbaik, namun juga perlu pertimbangan lain
      seperti garansi bila yang murah tentu tidak ada garansi, begitu pula sebaliknya. Sekarang keputusan pada pihak masing2 mau yang bagaimana. :)

      harga tinta plastisol silahkan hub langsung ke tokodaninya mas.

      pakai merk bremol tex maupun merk winsol, photosol, supersol, ulano, autosol, diasol dll tidak ada masalah selama penyinaran tepat maka pengembangan gambar tentu baik.

      screen meteran juga ada mas.

      jangan merendah pak, semakin merasa tidak maju2 berarti anda sedang dalam perjalanan yang lebih tinggi lagi koq.

      1. Al sablon

        Trims mas dani..
        Untuk m0dal 1 jta an apa sudah dgn tinta dan skrin?
        Mungkin gak klo sblon plastis0l dgn sistem t0dong?

        Maju terus t0ko dani..

  6. aris

    *Berapa harga plastisol per kilonya ,,,,trus tintanya. pake jenis nya apa dan berapa harganya
    *apa cocok untuk kain serena atau drifit,,,

  7. lutfi

    bang dani aku baru bljar sablon pakai cat plastisol…knp ya hasilnya kasar,pke heatpres malah hasilnya jelek…pngen ngedop halus

    1. tokodanitokodani Post author

      cek inbox gan.
      utk alamat silahkan lihat di home, cari LOKASI TOKO
      sudah cukup jelas tertulis dengan lengkap berikut petanya mas. :)

  8. jakaXsantosa

    gan ane mau nanya nih :

    1.apakah sama obat afdruk sablon plastisol dgn rubber ?
    2.nama merk obat afdruk buat plastisol yg sekiranya sering digunakan para SPM ?
    3.apakah bisa ngeringin dgn oven buat kue ?
    4.apakah benar finishing plastisol di heatpres dgn dilapis teflon diatas sablonannya ? kirakira brp detik ? .

    1. tokodanitokodani Post author

      1. sama pak
      2. SPM apaan artinya?
      3. bisa saja asalkan bisa mencapai suhu 120 derajat lebih
      4. menggunakan heatpress bisa saja tapi tekanan pressnya perlu dikurangi supaya tidak terlalu tergencet tinta plastisolnya.

  9. jakaXsantosa

    SPM screen printing mania maksudnya gan hehe ane males ngetik panjang makanya disingkat SPM :D

    1.oh iya kalo tinta plastisol di toko agan ada berapa merk ?

    2.kalo rubber kan ada jenisnya masing2 kayak RUBBER WHITE, RUBBER TRANSPARANT, RUBBER COLOUR..sedangkan plastisol apakah sama ada berjenis jenis ?

    soalnya ane baru belajar sablon gan.

    1. tokodanitokodani Post author

      1. plastisol hanya ada 1 merk saja.

      2. plastisol hanya ada 1 jenis saja, yaitu plastisol general, berwarna putih dan bila ingin yang warna cukup dicampur dengan pigmen warna saja. itu kelebihan dari plastisol yang ada pada kami.

  10. jakaXsantosa

    oh berarti cuma ada 1 jenis aja ya gan, kirain sama kayak rubber bermacam jenis & kegunaan masing2..

    oh iya ane tanya lagi gan :

    1. kalo sablon plastisol high density katanya lapisan afdruknya hrs dipertebal kirakira sampai 5X lapisan ? (bagian luar screen)

    2.umpama ane ngejual kaos per 1 pcs nya ane kasi harga sekitar 60rb.. kira kira harga 60rb buat kaos sablon plastiol 1warna, gambar ukuran A2, rugi kagak ya gan soalnya rata2 kaos sablon plastisol rata2 70rb keatas.

  11. jakaXsantosa

    gan tolong dikasik pendapat, saran, & masukan..soalnya ane mau usaha clothing tp gapake toko cuma online store. rencananya ane bikin katalog contoh2 desain kaos, jaket hoodie dll tp cuma berupa contoh blm ready stock. alias pree order. nah andai ada 1-3orang yg pesen salah satu contoh baru ane nyablon kaosnya.

    kira2 ane patok harga kaos sekitar 60rb-70rb apa gak rugi ya kalo plastisol ?

    1. tokodanitokodani Post author

      kalau sablonnya sekedar 1 – 2 warna saja tidak masalah dengan catatan waktu anda yang senggang bisa diisi dengan kegiatan menyablon, jadi hitungannya bisa saja dan tidak rugi karena pengerjaan dilakukan disaat waktu luang, namun bila sudah terjun langsung tentu perlu dipikirkan masak masak, apakah dengan harga segitu sudah mumpuni untuk kebutuhan hidup anda.

      semoga terbantu penjelasan ini.

  12. jakaxsantosa

    dari cara anda merespon setiap pertanyaan yg saya ajukan, saya bisa menebak bahwa anda adalah orang yg sgt baik & tdk sombong..mau peduli dgn orang sekitar anda (terutama sabloners) yg sekiranya butuh pencerahan dr anda. semoga rejeki anda dilancarkan & semoga toko dani makin sukses dgn banyak pelanggan. skg saya msh tahap ngumpulin dana mungkin bln dpn saya belanja bahan sablon di toko dani.

    terima kasih pak/bu :)

  13. jakaXsantosa

    oh iya pak berdasar pendapat anda td cukup benar jg kalo saya pikir2 andai yg disablon cuma 1-2 warna saja gak masalah ya kalo cuma sekedar iseng kerja sampingan bisnis clothing alias blm produksi besar2an. tp kalo kearah yg lebih serius saya rasa kurang efektif andai yg disablon cuma 1-3 pcs kaos/hoodie perhari apalagi lbh dr 2 warna. hehe makasih pak dr pendapat anda skg saya bisa mempertimbangkan mana yg lbh efektif :)

  14. Nehan

    mas hairdryer sama heatgun itu apa beda,,??apa bisa untuk mengeringkan plastisol,,??saya cari hairdryer gak ada kapasitas suhunya ,adanya kapasitas watt nya,,tolong dibantu

    1. tokodanitokodani Post author

      hairdryer beda dengan heatgun,
      hairdryer max suhu yang didapat hanya mencapai 100 – 90 derajat itupun hairdryer yang gede banget, rata rata sih yang dijual dipasaran kisaran 80 – 90 derajat.
      heatgun bisa mencapai suhu max 400 derajat utk yang kualitas premium, kalau yang standar bisa mencamapi 250 derajat.

  15. iwan

    gan minta price list tinta plastisol. klo plastisol general klo pengen warna di campur sandy seperti sandy ruber ato sandy khusus bwt plastisol general? thx gan.

  16. ichank

    Gan mo tanya kl untuk sablon plastisol sparasi tu ukuran screny pake yg T-brapa,
    & setinganya pake lpi/dpi brapa?

    Skalian minta daftar harga plastisolny
    Thanks

    1. tokodanitokodani Post author

      untuk separasi dengan plastisol untuk pemula bisa gunakan T77 dengan raster 35% dulu, nanti kalau sudah mulai terbiasa baru ditingkatkan ke yang lebih halusnya.

  17. sunadjie

    slamat malam saya adjie di NTT, apakah di toko bapak bisa pesan via online?
    slama ini sy menggunakan tinta rubber dan sy mau coba sablon separasi,plastisol, GID, dan tinta emas.
    tolong kirimkan daftar harga alat/bahan sablon yang harus saya gunakan untuk menyamblon plastisol, GID, ,tinta emas dan sparasi. trimakasih

  18. sunadjie

    saya mau pesan mas tp masih bingung
    – apakah pigmen yg di gunakan sm dgn ruber
    – klo mau buat timbul(foam), glow in dark, gold apakah sm bahannya dgn yg di gunakan pada rubber
    – plastisol bisa buat sablon sparasi ga?
    – alat dan bahan lengkap yg harus sy beli klo mau sablon plastisol (termasuk foam,glow in dark, gold, sparasi plastisol) apa sj dan tolong kirim daftar harganya yg lengkap n detail ya mas biar bisa langsung di pake n sekali pesan. soalnya dari nol nih mas. trimakasih

    1. tokodanitokodani Post author

      pigmen yang digunakan sama dengan yang utk rubber.
      bahan rubber tentu beda dengan bahan foaming.
      plastisol bisa dibuat separasi.
      harga bisa langsung hub tokodaninya mas, pada jam kerja.

  19. martian al-ghazali

    slamat pagi pak dani ….
    pak saya minta tolong dikirim lwat email pricelist harga tinta plastisol.rubber.dan waterbasenya…
    harga meja untuk sablon yg pesisi atau yg lainnya…
    harga screen’a juga pak… perlngkapan sablon deh pak … tolong ya pak … soalnya saya mau blajar buat sablon pak … makasih bnyak pak sblumnya … smoga toko dani slalu di lancarkan usahanya….

    1. tokodanitokodani Post author

      belum pernah test untuk anti slip sih pak, tapi kalau lihat dari foto yang terpampang mungkin bisa jadi untuk anti slip.

      wah untuk perkiraan berapanya kami tidak pernah menghitung sampai sedetail itu pak.

  20. jaya kusumah

    salam sukses tim toko sablon dani
    – untuk hasil yang sempurna,afdruk film untuk tinta plastisol berapa menit ya? saya pake 3x20watt jarak 12cm kaca 5mm
    – rekomendasi untuk obat afdruknya merk apa?
    – harga frame almunium berapa + monyl yang warna kuning-meter?
    – punya stok plastik astralon(kalo temen saya bilang buat film offset)

    terima kasih udah mau repot mnejawab pertanyaan saya.
    salam sukses

    1. tokodanitokodani Post author

      Untuk masalah berapa menit ya tergantung merk obat afdruk yang digunakan, beda waktunya juga relatif sedikit sih, yang lebih utama adalah campuran sensitiser yang digunakan ini yang lebih berpengaruh.
      saran kami bisa anda coba sendiri dengan cara yang sudah kami jelaskan pula pada artikel CARA MENCARI WAKTU PENYINARAN AFDRUK
      silahkan baca artikel tersebut.

      untuk pengafdrukan bisa, kami menggunakan winsol, obat afdruk merk lainnya ada bremol, autosol, ulano dll

      untuk harga frame alluminium silahkan hub langsung ke tokodaninya pada jam kerja.

      Astralon kami tidak jual.

  21. Andika

    mas kalo mau nyablon kaos yg udah jadi sama bahan belom jadi ada bedanya gak dari segi peralatan? meja sablon portable lebih condong ke bahan jadi atau mentah?

    1. tokodanitokodani Post author

      biasanya untuk bahan kaos yang belum jadi menggunakan alas papan triplek yang lebih lebar dibanding untuk papan kaos yang bahan kaosnya sudah jadi.
      meja portbale bisa untuk 2 2 nya.

  22. arq laq

    slamat malam gan..
    gan,, bisa tolong kirimkan daftar harga alat/
    bahan sablon yang harus saya
    gunakan untuk menyamblon
    plastisol, GID, ,tinta emas dan
    sparasi. trimakasih

  23. yose

    ane baru mau coba usaha ni gan!!!
    Kalau untuk kaos oblong jenis plastisol apa saja yang perlengkapan2 yg perlu disiapkan.
    Berapa aja harganya!!
    Mohon bantuannya… Trims.

  24. jaya kusumah

    pagi toko dani
    saya mau coba sablon menggunakan plastisol,tolong dikirim pricelistnya ?
    sekalian obat afdruk yang dipakai ?
    sekalian sama screen yang cocok untuk tinta plastisol 4pcs ukuran A3 yang dari kayu.
    rakel disesuaikan dengan lebar sscrenn 2pcs.
    sementara itu dulu kebutuhan saya dan kalo bisa tutor untuk penggunaan plastisolnya.
    terima kasih

  25. ramadhyani putra

    kulonuwun.
    gan apa bisa ngeringin plastisol hnya dg heatgun? sdangkan setau saya kalau mau ngeringin harus di press?

    sekalian minta pricelist, model screen, merk yg sering digunakan gan. ya kalau bisa bagi juga apa aja (bahan/campuran) yg dibutuh’n untuk sablon plastisol. makasih dan maju terus toko dani

    1. tokodanitokodani Post author

      menggunakan heatgun bisa, memang kendalanya adalah kerataan saat pemanasan yang kurang, jadi bisa saja sisi yang satu sudah sempurna tapi sisi yang lain belum sempurna, memang untuk mengetahuinya agak sulit tentu, dibanding dengan menggunakan curing ataupun heatpress.

      1. ramadhani putra

        thanks toko dani atas pnjelasanya.

        gan saya mau nyoba sablon dengan plastisol, bisa kasih saran apa aja yg harus dimiliki atau rekomendasi obat afdruk, screen, merk tinta dll gan? sekalian pricelist nya ya toko dani. makasih

        1. tokodanitokodani Post author

          coba dibaca baca lagi deh, sepertinya sudah pernah kami jelaskan untuk penggunaannya. utk harga silahkan hub langsung ke tokodaninya pada jam kerja.

  26. jaya kusumah

    sore
    toko dani

    terima kasih pesanan saya tinta plastisol dan kelengkapannya sudah sampe dengan selamat,luar biasa deh packagingnya, safety banget.
    tapi saya mau tanya,tanda kalo plastisol kering itu apa ya?
    ngebul atau mungkin ada tanda yang lain?

    terima kasih

    1. tokodanitokodani Post author

      Terima kasih atas konfirmasi ketibaan barangnya.

      pertanyaan yang cukup baik dan bagus sekali, sampai saat ini kamipun tidak mengetahui tandanya seperti apa? karena selama ini pengeringan dilakukan bila suhu sudah mencapai 120′ (drajat) tapi bila yang tidak memiliki alat pengukur suhu maka bisa dilakukan dengan mengetestnya terlebih dahulu dengan cara melakukan penarikkan seperti menarik karet gelang, bila tinta plastisol tidak putus atau pecah atau retak maka itu sudah cukup matang, namun bila ternyata ada putus atau retak atau pecah maka suhu panas belum mencapai sempurna.

      1. jaya kusumah

        karena saya baru pertama kali pake plastisol,emang tekstur tintanya kasar ya ? (seperti pasir)
        dan ternyata ada beberapa bagian yang tidak tersaring di screen (mampet) sata pake T77 & T61 , kira-kira apa yang salah?
        yang satu putih langsung gesut yang satu lagu campur pigmen.
        terima kasih

        1. tokodanitokodani Post author

          Setahu kami jenis plastisol tidak bertekstur kasar mas.
          solusinya coba dibawa tintanya ketempat kami untuk kami periksa terlebih dahulu.

          1. jaya kusumah

            saya mau coba yang 1 kemasan lagi,
            plastisol pas gesut berat banget (kental)
            supaya aga ringan (encer) pake campuran apa?
            saya mau memakai screen yang sama ,untuk menghilangkan tinta dari screen gimana tanpa merusak afdrukan

          2. tokodanitokodani Post author

            plastisol memang kental untuk meringankan beban kerja perlu tambahan thiner plastisol.
            untuk menghilangkan cat plastisol yang ada pada screen cukup diolehkan dengan thinernya saja mas.

  27. Rahmat Dwi

    Aku jg bos tolong dkirim harga tinta plastisol + pigmennya, pengencernya, dan untuk sablon separasi plastisol/plastisol clear(tranparant). trimakasih banyak sebelumya.

  28. moustafa

    gan ane mau belajar nyablon menyablon, khususnya pake tinta plastisol. artikelnya sangat bermutu dan membantu. untuk memulai penyablonan kaos oblong, bahan apa saja yg dibutuhkna (selain screen dan rakel), khususnya tinta dan zat2 pencampuran tintanya. trims. oiya tlg imelkan daftar harga tinta plastisolnya gan. tims

  29. jakaxsantosa

    pak dani minta nomor hp biyar saya bisa menghubungi lebih lanjutnya, tolong emailkan juga daftar harga tinta plastisolnya.

  30. Asep

    Pak tolong di kirim untuk daftar harganya
    1. Bahan apa saja yang perlu di persiapkan selain plastisol beserta takaran yang benar sebelum proses penyablonan?
    2. Apakah Tinta plastisol cocok untuk semua warna dan jenis kain??
    3. Apakah Tinta plastisol sangat bagus untuk proses CMYK?
    4. Screen mesh berapa untuk raster ?
    5. Hasil dari menggunakan tinta plastisol ini apakah cukup bagus, mengkilap ?

    1. tokodanitokodani Post author

      jawab
      1. Yang dibutuhkan tentu tinta plastisol itu sendiri, thinernya, kemudian pigment warnanya, pengering seperti curing ataupun heatgun ataupun heatpress.

      2. Cocok untuk semua warna bahan, tapi tidak semua jenis kain cocok, seperti jenis kain saten atau nylon, mengingat pengeringan yang membutuhkan suhu tinggi.

      3. Untuk proses CMYK juga cocok tentu dengan tinta proses plastisol pastinya.

      4. Masalah mesh yang dibutuhkan tergantung kebutuhan, semakin rasternya halus maka semakin tinggi no kain meshnya.

      5. Untuk hasil mengkilap tentu mengkilap bila disablon agak tebal. sama saja seperti sablon dengan pasta rubber.

  31. Rahmat

    Bos plastisol yg putih coba tak kasih pigmen hitam/utk rubber sm pengencernya/tiner kok teksturnya jd kental dan kasar tidak seperti tanpa pigmen lembut. jd waktu disablon cepat kering dan mampet. apanya yg salah ? thanks

  32. wahyu

    Gan kalau sablon plastisol saat pengepressan di lapisin/di tutup oleh keretas khusus atau plastik khusus untuk hasil mengkilap….?
    agan jual nggak barangnya…?

  33. Ridho

    Bang Dani, salam kenal Bang…
    Saya masih baru nih di dunia sabloner. Pengen banget bisa nyablon dengan hasil memuaskan. Mohon maaf nih jika pertanyaannya agak-agak awam banget:
    1. Minta pricelist harga plastisol donk Bang.
    2. Heatgun itu harga brp ya kira2, ada rekomendasi beli dimana ya di Jkt ini ?
    3. Tinta plastisol itu jika dibiarkan di atas screen sehabis digunakan kira-kira tahan berapa lama? bikin mampet screen ga Bang?
    4. Cara cuci screenya bagaimana Bang?
    5. Kalau pake screen T61 bisa ga? rekomendasiin donk Bang the best nya pake ukuran berapa ya kira-kira?
    Terima kasih ya Bang, semoga maju terus usahanya… :)
    InsyaAllah minggu depan saya ke sana, saat ini lagi ngumpulin duitnya dulu nih.
    Mohon pencerahannya…

    1. tokodanitokodani Post author

      sepertinya mas ridho yang telpon kami tadi siang ya, jadi cukup kami jawab untuk no3
      karena yang lain sudah terjawab di telpon dan juga sudah dijawab pada komentar kami diatas maupun di artikel kami yang lainnya.

      utk jawaban no. 3 adalah tidak akan bikin mampat karena tinta tidak akan mengering bila tidak di curing/ di panaskan.

  34. dito

    gan, boleh minta pricelist plastisolnya sekalian sama takaran pencampuran sama thiner.

    Terus, untuk plastisol bisa dipake di bahan kanvas blacu (bahan totebag) tidak?

    Terima kasih

  35. went

    salam mas dhani… mohon inbox untuk harga
    1. meja rotari yang 4 head
    2. Screen ( mohon rekom yg pas buat sparasi standard )
    3. cat plastisol beserta kebutuhan turunannya ^_^
    4. pembersih Screenya juga
    terima kasih .. jaya selalu

  36. olandhi

    gan minta pricelist lengkap gan..
    oiya jual glue/lem buat nyablon flock dan foil gak gan?, sekalian ya klo ada..
    thx

  37. toto

    saya tertarik dgn sablon plastisol hanya saja kesulitan cara make dan belinya. kalo boleh tau plastisol itu butuh campuran warna ga kek sablon rubber basis air atokah plastisol itu sudah ada warnanya masing masing jadi ga perlu campur warna.mohon pencerahannya..toto sidrap sulawesi selatan

    1. tokodanitokodani Post author

      Plastisol ada yang white dan clear, untuk clear tinggal diksih pewarna saja seperti sablon rubber warna mas.
      Untuk pemesanan bisa langsung email ke kami mas.

  38. ihsan

    mas saya mau tanya, jadi gini saya ada kesalahan produksi untuk sablon plastisol.
    menurut mas cara yg terbaik untuk menghilangkan sablon plastisol dari bahannya gmana ya mas?

    terima kasih mas sebelumnya

    1. tokodanitokodani Post author

      turut prihatin bro ihsan, btw tidak ada cara yang lebih baik dari pada pusing mikirin harus dihilangkan atau dihapus lebih baik ganti bahan kaosnya, secara logika kertas putih bila sudah terkena pensil lalu dihapus tetap saja ada bekas yang terlihat:)

  39. Anthon Takashi

    Mas Dani, saya mau coba pakai tinta plastisol nih, bisa kirim daftar harga tinta dan bahan pendukung lainnya? dan harga screen yg direkomendasikan utk tinta plastisol ( /mtr nya). Mau tanya skalian nih mas Dani, kebetulan saya punya mesin heatpress, standar untuk plastisol 120 yah? waktu press’nya sampai berapa detik yah mas ? itu prosesnya setelah di cetak ke kaos langsung di press pakai kertas teflon atau di diamkan dulu? maaf banyak pertanyaannya mas :-) terima kasih banyak sebelumnya.

  40. dika

    mas dhani kalo cetak dengan plastisol screenny pakai ukuran berapa aja, tolong spesifikasikan nomer screen type jakarta dan bandung yah???
    plastisol kan berbasis minyak PVC, untuk penggunaan saat sablon rawan tembus gak yah???

  41. yanyan

    gan minta price list nya untuk seemua jenis tinta, klo bisa sekalian contoh gambar sablon dengan jenis tinta yang pernah mas cetak. trmaksih

  42. Victor kurniawan

    Selamat siang toko dani.
    1. Saya mau minta info, baru2 saja saya sablon kaos bahan cotton dengan tinta plastisol wiflex mx white, hasil sablon sudah saya heat gun hingga keluar asap tipis dri tinta, namun begitu dicuci hasil sablon bnyak yg rontok, saya menggunakan screen mesh 61 .. Mohon pencerahan ..
    2. Bisa minta price list utuk tinta super white dan katalisnya pak
    Terimakasih bnyak

    1. tokodanitokodani Post author

      hasil yang di heatgun sampai terlihat keluar asap dari tinta itu bukan patokan bahwa tinta sudah matang.

      superwhite dan katalis untuk tinta apa mas?

  43. Munir

    Plastisol dipake campuran super white dg perbandingan ttt bisa nggak?
    Tlg inbox price list Plastisol, Rubber dan cara pewarnaannya?
    Rotary 4 screen kisaran harga berapa?
    Apa bisa press kaos digital dipake utk mengeringkan plastisol?
    trus cara pecah warna di corel selain pake powertrace gimana?

    1. tokodanitokodani Post author

      untuk harga silahkan cek inbox gan.
      meja sablon rotary kami tidak jual mas.
      mesin press kaos digital bisa untuk mematangkan plastisol, jadi bukan untuk mengeringkan, kalau mau mengeringkan bisa gunakan Heatgun

      kami tidak terlalu mendalami corel, jadi kami tidak bisa menjawabnya mas.

  44. nyoaman

    Mas dani saya mau nanya nih,
    1. Plastisol Jell A itu digunakan sebagai apa?
    2. Apakah pigment warna water base juga bisa digunakan pd plastisol?
    3. Klo mau buat warna CMYK dengan plastisol putih, tdk dapat warna dasar malah lebih muda, apanya yg kurang?
    4. Apa bedanya Jell A dan Plastisol color untuk plastisol Lokal?
    trims.

    1. tokodanitokodani Post author

      1. maksudnya plastisol hjeli A tuh bagaimana yah? kami kurang paham dengan yang anda maksudkan.
      2. untuk produk yang kami jual tentu saja bisa dicampur dengan pigment biasa.
      3. sepertinya kurang banyak pigmentnya.
      4. kami tidak tahu plastisol jeli A maka kami tidak bisa jawab pertanyaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>