Sablon Warna Masukan (contoh)

Untuk memenuhi permintaan para pembaca yang menginginkan salah satu contoh dari warna masukan, maka kami dengan senang hati memberikan salah satu contoh hasil Sablon Warna Masukan. 

Kami ambilkan salah satu contoh yang kebetulan gambar dibawa oleh pelanggan kami yang saat itu sedang dalam pelatihan sablon ditempat kami. Dan tinta yang digunakan menggunakan tinta medium/ extender medium beserta pigmen/ biang warnanya.

Disini ada 5 warna yang hendak disablon pada 1 gambar yang ada seperti merah, hitam, biru, kuning dan coklat. Sementara bahan kaos yang digunakan adalah dasar putih.

Dimulai dengan sablon warna hitam

kemudian warna orange

lalu warna biru

kemudian warna merah

terakhir adalah warna coklat

Tahapan warna dimulai dari warna hitam terlebih dahulu dimana bisa dilihat untuk sablon warna hitam tersebut adalah gambar garis line dan ini berfungsi juga untuk meletakkan posisi gambar pada kaos supaya lebih mudah dibandingkan dengan warna lainnya. dan untuk warna selanjutnya bisa bebas mana yang didahulukan jadi tidak harus step warna orange kemudian merah dan seterusnya seperti contoh yang kami berikan, tapi boleh saja warna coklat dahulu lalu dilanjutkan warna merah dan seterusnya.

Salam sukses 😎 Semoga artikel ini bermanfaat juga bagi anda.


Kami berterima kasih atas komentar, pertanyaan dan saran yang anda tulis di kolom KOMENTAR. Kami selalu berusaha untuk menanggapi pertanyaan anda secepat mungkin. Akan tetapi untuk meningkatkan efisiensi kerja dan yang lebih penting lagi demi kemudahan kita semua berbagi ilmu, pengalaman, dan solusi, kami  menghimbau para pembaca untuk menulis pertanyaan anda pada artikel yang sesuai dengan topik.Bila pertanyaan yang anda tulis tidak sesuai dengan topik artikel, kami terpaksa mengabaikan pertanyaan tersebut.Terima kasih atas pengertian dan kerja sama para pembaca untuk mensukseskan forum komunikasi ini.
Yuk bagi ilmu & info:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

21 thoughts on “Sablon Warna Masukan (contoh)

  1. Mhmdhanif

    perbedaan Medium Extender dengan Medium Super apa mas ? harganya terkait jauh ..

    Winsol hijua (solven base)
    Winsol putih (water base)
    Winsol ungu (water base)
    winsol itu untuk apa mas ? lalu perbedaannya apa saja ? udah nyari di daftar isi tetap ga ketemu ….

    terimaksih

    1. tokodani

      medium extender hanya untuk pencampuran dengan pigment warna saja, sementara untuk medium super bisa digunakan campuran seperti gliter

  2. Jodi

    Masih bingung ni, Mas.. Saya yakin sabloners pemula lainnya juga bingung. Gimana kalo dibikinin tutorial sablon separasi lengkap dgn cara memposisikan crossnya? Atau udah ada?
    Thanx Bunch ya Mas Dani. 🙂

    1. tokodani

      Saran yang baik dan masukan buat kami, nanti kami pasti akan tampilkan artikelnya bila saatnya tiba.

  3. Jodi

    Nah.. Kalo sablon separasi gimana cara mencocokan gambarnya dengan akurat?
    Kadang terheran2 ngeliat baju yg kualitas sablonnya hampir mirip foto! :/

    1. tokodani

      caranya dengan memposisikan setiap gambar cukup dengan melihat cross pada sisi atas dan bawah, biasanya cross dibuat saat pembuatan film gambarnya.

  4. Jodi

    Mas Dani, saya juga sering kerepotan nyablon warna masukan, sering keliatan berbayang gitu. Gimana caranya agar menyablon warna masukan bisa dilakukan dengan cepat dan akurat? Ini juga jadi penyebab saya belom berani bikin sablon separasi yg kemungkinan mencocokan warna gambarnya lebih susah. Mohon pencerahannya.
    Terima Kasih. Sukses dan Sehat selalu buat Mas Dani. 🙂

    1. tokodani

      untuk menyablon warna masukan trik yang umum digunakan bisa dengan menambahkan garis line lebih tebal pada warna kedua, begitupula dengan warna selanjutnya.
      Bila gambar sudah terlanjur dibuat atau gambar dari si pemesan maka bisa gunakan frame presisi/ menggunakan noken dan bisa juga menggunakan meja sablon yang menggunakan engsel.

  5. Ramz

    permisi gan.
    nambahin pertanyaan.

    itu banyak warna, apakah menggunakan banyak screen?
    misalnya merah kuning, coklat. apakah menggunakan 3 screen?

    kalau iya, bagaimana cara menge-pas kan posisi warna agar tidak meleset dr desain gambar?

    thanks before

    1. tokodani

      bisa satu screen bila gambar dengan ukuran frame masih memungkinkan, tapi lebih baik dan lebih enak kerjanya ya 1 gambar menggunakan satu screen untuk masing masing warna.

      untuk mengepaskan posisi bisa dengan cara sistem todong, frame presisi, ataupun engsel presisi.

  6. heru

    untuk menyablon warna berikutnya apakah harus manunggu kering dulu sablonan sebelumnya, atau langsung disablon semua secara berurutan. takutnya nanti yang belim kering nempel padascreen.

  7. anisa

    maaf mas dani, bukan itu maksud saya, maksud saya adalah screen yang saya buat selalu putus putus apalagi garisnya halus seperti diatas, obat afdurk apa dan screen nomer berapa yang seharusnya dipakai agar hasil afdurk bisa bagus seperti diatas, terima kasih sebelumnya, sukses tokonya

    1. tokodani

      Kalau garis halus banyak putus coba dilihat apakah hasil print film ada putus putus?
      ada baiknya menggunakan film repro supaya hasil afdrukan maksimal.
      Gunakan winsol ungu untuk mendukung afdrukan garis halus.

    1. tokodani

      gambar garis halus bisa dibuat melalui program coreldraw.
      untuk memindahkan gambar ke screen bisa dilihat di

    1. tokodani

      teknik tidak ada, hanya perlu cross / ( + ) saat pemisahan warna dalam penyetingan di komputer.
      mudah mudahan dalam waktu dekat akan kami buatkan artikelnya.


Translate »