Sablon Kantong Plastik Satu Warna (bag 1)

Kantong plastik kita jumpai hampir setiap hari, baik di pasar maupun di mal karena penggunaan kantong plastik  praktis bagi pemilik toko dan pembeli. Tetapi masih banyak pemilik toko maupun restoran yang menganggap bahwa peneraan nama toko/restoran pada kantong plastik tidak begitu penting. Tentunya mereka tidak menyadari bahwa kantong plastik dengan nama perusahaan adalah alat promosi yang ekonomis.

Pemilihan warna kantong plastik dan desain yang tepat sangat penting bagi pengusaha agar konsumen semakin mengenal nama toko ataupun merek barang yang dipasarkan. Contoh yang cukup gamblang adalah Matahari Department Store. Bilamana anda melihat seseorang membawa beberapa kantong plastik dengan logo Matahari Department Store di salah satu mal, anda dapat mengambil kesimpulan bahwa orang tersebut  baru saja belanja dari toko tersebut. Dari sisi manajemen pemasaran Matahari Department Store, mereka mengharap agar calon konsumen yang melihat tas plastik tersebut menjadi tergerak untuk berbelanja di toko mereka juga.

Matahari_Department_Store,_Bali,_Indonesia

Matahari_Department_Store,_Bali,_Indonesia Click Image for attribution

Contoh lain yang saya alami sendiri:

Suatu hari saat saya sedang membersihkan rumah, saya menemukan kantong plastik yang sudah lama tersimpan dan lecek pula he…he… Ternyata pada kantong itu  ada nama restoran yang dulu saya sering kunjungi.   Tiba-tiba saja saya ingin menyantapnya kembali dan  setelah selesai membersihkan rumah saya langsung meluncur kesana.

Nah dari sini kita bisa simpulkan bahwa merek/nama/logo pada kantong kresek bukanlah hal yang patut disepelekan oleh pemilik usaha. Seandainya kantong plastik yang saya temukan tidak ada merek/alamat, tentunya pemilik restoran tersebut akan kehilangan pelanggan selamanya bukan?

OK itu sedikit intermezzo dari saya dengan harapan bahwa anda tergugah untuk mencetak merek/nama usaha di kantong plastik baik untuk usaha anda sendiri maupun untuk klien anda.

Ini adalah salah satu cara atau teknik menyablon plastik, baik kantong plastik kresek ataupun kantong plastik roti dll.

Foto 1 Tutorial Sablon Kantong Plastik

Foto 1 Tutorial Sablon Kantong Plastik

Perlengkapan yang dibutuhkan:
1. Meja untuk Sablon
2. Screen Sablon
3. Karet Rakel
4. Tinta Sablon
5. Minyak Sablon
6. Kain Perca/ Majun/ kain pembersih
7. Kertas
8. Selotape
9. Plastik yang hendak disablon

Setelah semua tersedia maka bisa kita mulai tahap demi tahapnya di artikel berikut.

Yuk bagi ilmu & info:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

43 thoughts on “Sablon Kantong Plastik Satu Warna (bag 1)

  1. bayu

    Slamat siang p.dani…
    Klo psen tinta pphd+reducernya bsa kirim ke jayapura tdk y,trus kira kira brapa lama+ ongkir perkilonya brapa y?!
    Thanks very much..

  2. cahyo

    Mau tanya mas, klo cairan yang untuk spot uv kertas apa ada yang sistem sablon manual, sperti kita sablon kertas pake RG + M3
    Maaf saya masih dalam belajar sablon

  3. agung

    Salam kenal Sob… kalau sablon opp saya hampir tdk ada kendala. Untuk sablon 1000 lembar kurang lebih memakan waktu 1jan. Tapi jendala saya di sablon kantong kresek ukuran jumbo, nah Bos yang ingin sy tanyakan mintak apa yg pas buat nyampur m4 biar kagak cepet mampet di screen pas ngerjain plastik kresek?
    Makasih sebelumnya

      1. Wangky

        pa Agung tlg ksh tau triknya nyablon diplastik opp…..saya mslhnya pada tulisan kecil nya, knp yach pada tulisan kecilnya msh suka meber ? makasih

        1. Pak Dani Post author

          untuk pertanyaan anda ini cukup sulit saya menjelaskannya dengan tulisan, ada baiknya anda hub kami langsung atau datang langsung ketempat kami sekalian biar lebih jelasnya.

    1. Wilson

      PA Agung menyablon opp, dalam 1 jam bisa 1000 lembar? wahhh hebat pa, tlg berbagi pa gmn caranya bisa secepat dan sebanyak itu pa……klo saya dalam 1 jam hanya bisa 100 lembar pdhl itu pengerjaannya nonstop tdk berenti. makasih banyak pa

  4. Ady

    selamat sore mas,,
    mohon berbagi infomasi sedikit mengenai sablon karung,,
    jenis tinta apa yang saya harus pakai??
    mohon info lengkapnya mas,,

    terima kasih

    1. Pak Dani

      Karetnya jenis karet apa dulu? karena jenis karet bermacam macam.
      seperti jenis karet ban dalam dan karet gelang saja berbeda.

    1. Oom Dani

      memang cepat kering karena digunakan untuk cetak dengan mesin, sementara untuk manual hanya bisa di tanggulangi dengan cara menyablon lebih cepat dan mengguakan minyak slow m4.

  5. boedy

    iya mas dani.. meleleh (luntur) pada mengelupas dari plastiknya,, karna produk sy ini tidak ada bahan minyak gorengnya jadi plastik yg sdh disablon merek cuma diuapkan saja sepanas 120-250 drajat (di presto didalam tong baja)

    1. tokodani

      kalau tidak ada bahan minyak gorengnya berarti memang tidak kuat terhadap panasnya, tapi setahu kami untuk plastik PP itu menggunakan tinta Royaltuff, bukan polymate, apakah anda yakin plastiknya itu jenis PP? atau jenis PE?

  6. boedy

    mas dani saya mau konsultansi masalah sablom plastik nih mas…
    alat tempur saya
    cat polymate G
    minyak M4
    scren T150
    plastik PP tahan panas ketebalan 0.10

    kasus yg saya alami kenapa cat meleleh pd saat plastik yg sdh sy sablon lalu sy keringkan sehari dan ke esokanya sy eksekusi krn produk sy hrus dimasukan ke otoklaf uap bersuhu panas 120 derajat pada saat sdh melalui esekusi tsb cat plastik jadi meleleh?? kira2 apa ada yang salah ya mas dani??? tolong segera dibalas comment sy y mas. thanks

    1. tokodani

      maksudnya meleleh catnya itu = LUNTUR gitu?
      kalau itu ada kemungkinan dari rembesan minyak gorengnya, apakah betul seperti itu pak boedy?:)

  7. Yudy

    Pagi mas,,,mo tanya,kalau nyablon plastik apa ada lem khusus kaya nyablon kaos biar ga nempel?Kalau ada berapa harganya?Terima kasih salam sukses!

    1. tokodani

      untuk yang khususnya sih tidak ada, tapi bisa gunakan lem meja juga namun tidak seperti memberi lem meja pada triplek kaos, cukup beberapa titik saja pada bagian ujung meja sablonnya saja.

  8. suryo ardi

    mas, saya baru belajar nyablon plastik, tapi saya mendapat kendala, saya jabarkan ya..

    1) saya memakai campuran tinta yang kalengan + cairan M4 tetapi tinta yang ada terlalu encer,hingga tumpah ke mana-mana, pertanyaan saya, apakah benar ini campuranya..? atau ada campuran lain sehingga tinta akan lebih kental (seperti pasta pada campuran sablon kaos..?), selain itu plastik lebih cenderung menempel di screen saat habis di gesut, apa ada yang salah dari campuran tinta dan proses yang saya lakukan..?

    2) tinta yang menempel pada screen tidak bisa di hapus, apakah ada cairan/obat untuk menghapusnya..?

    mohon jawabanya mas,
    trims

    1. tokodani

      1.
      Tinta dan minyak sudah benar pilihannya, untuk mengentalkanya cukup di angin anginkan saja.

      Plastik menempel di screen disebabkan screen tidak dikasih jarak, coba diganjal pada pinggir framenya supaya antara screen dengan plastik tidak menempel, cukup kasih jarak 2-3 mili saja.

      2. tinta yang menempel tentu bisa dihapus, cairannya ya M4 itu mas. kalau tetap tidak bisa dihapus coba ganti M4 yang lebih baikkan dari yang sudah ada sekarang ini.

      semoga terbantu.

      1. suryo ardi

        tambahan lagi ya, pertanyaan karena saya masih saja dapat kendala

        1) apakah sama proses afdruk screen untuk plastik dan untuk kain..? di mulai dari penyinarannya hingga langkah-langkah sampai tercetaknya gambar pada screen, karena selalu saya mencoba sehingga gambar tidak mau luntur dari screen, bagaimana itu.? apa yang salah..?

        2) campuran tinta dan M4 membuat tinta sangat cepat kering, sehingga menyumbat lubang screen pada saat pencetakan, apakah ada masukan

        trims jawabanya

        1. tokodani

          1. Proses kerja afdruknya sama, hanya beda pada waktu penyinaran, biasanya penyinaran lebih singkat pada afdruk untuk plastik dibanding untuk afdruk kain. untuk penyinaran bisa dipelajari DISINI

          2. Pertama tentu saja cara sablon yang harus dipercepat, dan kedua adalah menggunakan M4 Slow supaya tidak cepat sering mampat.

          1. suryo ardi

            saya udah coba nih mas, masih saja sama pada saat penyinaran
            kendalanya afdrukan yang di jemur itu gak mau luntur (tapi bayangannya ada tercetak di screen) cuma benar benar tidak mau luntur (bahkan sampai saya gosok)
            ini kira kira salahnya di mana..? penyinaranya kah atau di mana…?

            saya masih menggunakan penyinaran menggunakan sinar matahari

            mohon bantuanya

  9. imam khudlori

    assalam…!!!!!
    bang adaka abang jual satu set mesin sablon itu..
    klw ad brp bang????

  10. linke

    mas, mohon bantuannya..
    ini saya barusan sablon plastik kresek putih dengan screen T180 dan tinta+cairan M4.
    tapi hasilnya gagal terus, ada yang tintanya berceceran (tumpah) di plastiknya saat di gesruk rakel,ada yang tulisannya gak jelas karna screen mampet (tinta cepat kering).
    ada tipsnya gk mas?
    mohon bantuannya

    1. tokodani

      Screen pakai 120 T saja, tinta jangan terlalu encer, bila encer dikentalkan terlebih dahulu dengan cara diangin2kan.

  11. jibrel

    harga meja berapa bang.
    kalo bisa tolong kasih info meja terbuat dari apa,beserta ukuran mejanya…!..
    repp email z..

  12. dnumax

    Mas bro… meja sablon untuk sablon plastik apakah berbeda dengan meja sablon untuk kaos, karena jika menyablon plastik(kresek atau palstik lainnya) itu pasti tintanya menempel pada plastik/screen jika setelah di gesut.

    1. tokodani

      Meja sablon untuk kaos kalau yang dibuat khusus untuk kaos tentu sedikit berbeda dengan yang untuk sablon plastik.

      tinta ya harus menempel dong pada plastik.

  13. Pingback: Sablon Kantong Plastik Satu Warna (bag 2) « Toko Sablon DANI


Translate »